Breaking News:

Cerita Ahli Onkologi Klinis dr Ivan Shew Yee Siang Perjuangan Melawan Kanker

Dua kanker paling umum di Malaysia adalah kanker kolorektal dan kanker payudara yang juga cenderung terjadi pada generasi muda

Editor: Saldy Irawan
HARLY LAFIAN
Sunway Hospital 

TRIBUN-TIMUR.COM - Kanker adalah penyebab kematian paling umum kedua di seluruh dunia dan di Malaysia pada tahun 2018 dan menurut Laporan Kantor Pendaftaran Kanker Nasional Malaysia (Malaysian National Cancer Registry Report) 2012-2016 yang dirilis oleh Kementerian Kesehatan tahun ini, jumlah kasus kanker di Malaysia terus meningkat dari tahun ke tahun. Dua kanker paling umum di Malaysia adalah kanker kolorektal dan kanker payudara yang juga cenderung terjadi pada generasi muda. 

“Berdasarkan statistic, angka kejadian kanker pada wanita biasa terjadi pada usia yang lebih rendah dan kanker payudara adalah penyebabnya. Risiko kanker payudara meningkat pada wanita setelah usia 40 tahun, sedangkan risiko pria terkena kanker bisa saja dimulai setelah usia 50 atau 60 tahun, terutama kanker kolorektal dan paru-paru. 

“Faktor utama yang memacu kanker kolorektal dan kanker paru-paru adalah diet yang buruk, merokok, polusi udara dan paparan sel seiring bertambahnya usia. Kanker payudara disebabkan pernikahan yang tertunda, terlambat melahirkan dan jarang melahirkan, menyebabkan payudara dipengaruhi oleh hormon yang menyebabkan kanker payudara pada orang yang lebih muda,” kata Dr Ivan.

Penyebab lain dari kanker payudara pada usia muda adalah mutasi genetik, dengan yang paling umum adalah Gene Kerentanan Kanker Payudara (Breast Cancer Susceptibility Gene -BRCA). Mutasi BRCA menyebabkan gen penekan kanker gagal berfungsi dengan baik, menghasilkan sel-sel kanker

Sekitar 10% sampai 15% dari kanker payudara disebabkan oleh mutasi BRCA, dan mutasi ini juga dapat menyebabkan kanker ovarium dan kanker prostat. Oleh karena itu, jika ada riwayat kanker payudara dalam keluarga, haruslah ditelusuri kembali untuk mengidentifikasi apakah ada anggota keluarga yang menderita kanker ovarium, prostat, atau payudara karena kanker ini terkait dengan mutasi genetik.

Untuk wanita yang mengidap kanker payudara sebelum usia 40 tahun, terutama mereka yang menderita Kanker Payudara Triple-Negatif atau mereka yang memiliki riwayat penyakit dalam keluarga, disarankan agar mereka mempertimbangkan konseling genetik dan pengujian genetik.

Skiring rutin untuk meningkatkan tingkat kelangsungan hidup 

Meskipun Malaysia memiliki tingkat kanker yang lebih rendah dari negara-negara yang lebih tua yang disebabkan populasi yang sudah sejak lama terjadi, angka kematian akibat kanker Malaysia lebih tinggi dari negara-negara tersebut.

“Hal ini terutama dikarenakan tingkat kesadaran yang rendah dari masyarakat kita karena banyak kasus kanker yang didiagnosis pada stadium lanjut dimana pengobatan mungkin sudah terlambat. Selain itu, kesadaran akan skrining kanker belum meluas. 

Dr. Ivan menekankan bahwa ketika hasil tes darah menunjukkan tanda-tanda yang terkait dengan kanker, biasanya itu adalah kanker stadium lanjut. Alasan utama skrining adalah untuk mendeteksi kanker dan melakukan intervensi pada stadium awal, dan bahkan sebelum kanker berkembang (misalnya Tahap 0 atau Tahap 1). 

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved