Breaking News:

Kanker Payudara

Catat! Ini 7 Kebiasaan Sehari-hari yang Bisa Picu Munculnya Kanker Payudara

Bila dilihat berdasar jenis kelamin, kanker payudara menempati kasus kanker terbanyak pada perempuan, disusul kanker serviks, kanker ovarium

Editor: Muh. Irham
Shutterstock/ Tribunnews.com
Ilustrasi 

TRIBUN-TIMUR.COM - Kanker payudara merupakan salah satu penyakit paling mematikan di dunia. Perilaku masyarakat diduga menjadi pemicu tumbuhnya sel kanker payudara.

Data dari Globocan 2020, terdapat hampir 400 ribu kasus kanker baru di Indonesia. Kanker payudara merupakan jenis kanker terbanyak dengan lebih dari 65ribu kasus (16,6 persen).

Bila dilihat berdasar jenis kelamin, kanker payudara menempati kasus kanker terbanyak pada perempuan, disusul kanker serviks, kanker ovarium, kanker kolon, kanker tiroid, dan jenis kanker lain.

Berikut 7 kebiasaan yang bisa picu kanker payudara:

1. Makan berlebihan

Kebiasaan makan berlebihan tanpa memperhatikan kalori dan nutrisi sehingga menyebabkan kenaikan berat badan bisa memicu kanker payudara.

Tinjauan yang diterbitkan di jurnal Breast Care (Basel) menyebut kenaikan berat badan orang dewasa dan kegemukan berkaitan dengan risiko kanker payudara pascamenopause.

Data menunjukkan dibanding perempuan dengan berat badan normal (BMI 18,5-25), perempuan yang kelebihan berat badan (BMI > 25) 1,5 kali lipat lebih berisiko mengalami kanker payudara.

Sedangkan saat berat badan makin bertambah (BMI > 30) risikonya jadi lebih dari 2 kali lipat.

2. Tidur dengan televisi menyala

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved