Breaking News:

Tribun Luwu Utara

Luwu Utara Tuan Rumah Sekolah Lapang Meteorologi Penerbangan se-Sulsel

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menggelar Sekolah Lapang Meteorologi Penerbangan di Kabupaten Luwu Utara.

Penulis: Chalik Mawardi | Editor: Sudirman
ist
Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani (tengah) foto bersama seusai membuka kegiatan Sekolah Lapang Meteorologi Penerbangan di Hotel Bukit Indah, Masamba, Luwu Utara, Sulsel, Selasa (12/10/2021). 

TRIBUNLUTRA.COM, MASAMBA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menggelar Sekolah Lapang Meteorologi Penerbangan di Kabupaten Luwu Utara.

Kegiatan ini berlangsung di Aula Hotel Bukit Indah, Kelurahan Baliase, Kecamatan Masamba.

Sekolah lapang se-Sulsel dibuka Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, Selasa (12/10/2021).

"Saya menyampaikan terima kasih kepada BMKG yang memberikan kepercayaan atas diselenggarakannya kegiatan ini di Luwu Utara," kata Indah.

Indah berharap peserta dapat meningkatkan kapasitas dalam memahami informasi meteorologi.

"Untuk memastikan bahwa penerbangan betul-betul mengedepankan safety atau keselamatan, keteraturan (regularity), juga efisiensi penerbangan dan tentu itu sangat bergantung pada kondisi cuaca," katanya.

Hal ini juga sangat bermanfaat bagi Basarnas untuk meminimalkan timbulnya korban.

"Dalam artian jika insiden terjadi, maka tim akan cepat menyelamatkan karena informasi cuaca yang cepat dan akurat," tutur Indah.

Kepala Pusat Meteorologi Penerbangan, Edison Kurniawan mengatakan, terdapat 12 tempat penyelenggaraan sekolah lapang meteorologi tahun ini.

"Yang sudah dilaksanakan di Lombok, Bau-bau, Jambi, Samarinda, dan Aceh. Hari ini kita laksanakan di Luwu Utara," ujarnya.

"Ke depan kami berharap koordinasi yang baik dengan Pemda dan BMKG Luwu Utara bisa lebih ditingkatkan lagi," harap Edison yang menyampaikan sambutan melalui virtual.

Sementara itu, Kepala Stasiun Meteorologi Andi Djemma Luwu Utara, Winarno Nurdiyanto menyebut sekolah lapang ini diikuti 40 peserta.

"Berasal dari bandara di wilayah Luwu Utara, Bandara I La Galigo Bua Luwu, Personel Airnav, maskapai penerbangan, pos unit siaga SAR Luwu Utara, BPBD," katanya.

"Juga dari Koramil 1403-11 Masamba, Polres serta UPT BMKG se-Sulsel yang masing-masing mengirimkan 2 orang peserta," tambahnya.

Sekolah lapang ini sendiri akan berlangsung sampai besok.

Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved