Breaking News:

Unhas

Gelar Simposium Internasional, Fakultas Teknik Unhas Bahas Teknologi Perkembangan Perkeretaapian

Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin (FT-UH) menggelar Simposium Internasional secara virtual, Senin (27/9/2021).

Penulis: Kaswadi Anwar | Editor: Suryana Anas
FT Unhas
Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin (FT-UH) menggelar Simposium Internasional secara virtual, Senin (27/9/2021). Tema diangkat Teknologi dan Perkembangan Perkeretaapian dengan Fokus Wilayah di Sulawesi Selatan dan Kota Makassar. 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin (FT-UH) menggelar Simposium Internasional secara virtual, Senin (27/9/2021).

Tema diangkat Teknologi dan Perkembangan Perkeretaapian dengan Fokus Wilayah di Sulawesi Selatan dan Kota Makassar.

Kegiatan ini satu rangkaian kegiatan dalam 2nd EPI Innovation Week 2021 yang di dalam satu minggu tersebut yaitu dari tanggal 27 September – 2 Oktober 2021 dengan acara puncak peringatan Dies Natalis Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin yang ke 61.

Di usia ke-61 Fakultas Teknik Unhas terus ingin merefleksikan perannya dalam pembangunan bangsa khususnya dalam membentuk SDM teknik.

Selain itu, menghasilkan ipteks dan pengabdian kepada masyarakat baik masa lalu, saat ini dan masa depan. Peran penting institusi ini di masa depan harus dipersiapkan dari saat ini.

Diketahui bersama, bahwa Kawasan Timur Indonesia (KTI) adalah kawasan yang relatif masih tertinggal dari Kawasan Barat Indonesia (KBI) hingga saat ini.

Berdasarkan data BPS pada kuartal ketiga 2019, sebelum masa pandemi Covid-19, struktur ekonomi Indonesia didominasi oleh kelompok provinsi di Pulau Jawa dan Pulau Sumatera yang masing-masing menyumbang 59,15% and 21,14% untuk produk domestik bruto (PDB).

Sedangkan di bagian timur seperti Sulsel, Maluku dan Papua masing-masing hanya berkontribusi 5%; 3,06% dan 2,27% ke PDB.

Pemerintah pusat sejak 20 tahun silam telah mencoba mengatasi masalah kesenjangan tersebut dengan berbagai program. 

Di antaranya penetapan Kawasan Pembangunan Ekonomi Terpadu (Kapet), Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), Program Tol Laut, Poros Maritim, akan tetapi kurang berhasil.  

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved