Breaking News:

Virus Corona

Petunjuk Singkat Cara Membedakan Flu Biasa dan Covid-19

Flu dan Covid-19 memiliki gejala serupa, seperti demam, batuk, sakit kepala, bersin, mata berair atau gatal, bahkan kesulitan bernapas.

Editor: Muh. Irham
SuryaMalang
Cara bedakan flu dan tertular Corona atau Covid-19 

TRIBUN-TIMUR.COM - Sebagian wilayah Indonesia akhir-akhir ini sering dilanda hujan. Hal ini tentu berdampak pada kesehatan tubuh manusia.

Musim hujan selalu identik dengan maraknya penyakit flu. Tentu di masa pandemi seperti saat ini, terkena flu akan mengkhawatirkan karena sulit membedakan antara flu biasa dengan terjangkit virus corona.

Flu dan Covid-19 memiliki gejala serupa, seperti demam, batuk, sakit kepala, bersin, mata berair atau gatal, bahkan kesulitan bernapas.

Namun, ada cara untuk membedakannya. 

Nah, berikut cara membedakan flu dan Covid-19: 

1. Cek suhu tubuh dan diare 

Demam adalah gejala utama yang bisa menjadi pembeda antara flu dan Covid-19.  Sebuah laporan dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang memeriksa kasus di China pada Februari 2020 mengungkapkan, sekitar 88% pasien Covid-19 mengalami demam dan 68% menderita batuk kering. 

Pasien Covid-19 juga bisa mengalami gejala tambahan, seperti sesak napas, sakit tenggorokan, diare, kelelahan, kedinginan, nyeri otot, kehilangan rasa dan penciuman, serta nyeri tubuh. 

Lebih dari satu setengah tahun kemudian, sedikit yang berubah dalam hal gejala utama COVID-19.

Dan, kehilangan rasa atau penciuman biasanya merupakan tanda bahwa COVID-19 menyerang. 

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved