Breaking News:

Toraja International Festival

TIF ke-9 di Rante Buntu Penpom Tampilkan Indahnya Peradaban Manusia, Tonton Nanti Malam via YouTube

Ma’nimbong dan Ma’dandan adalah sebuah musik tutur vokal yang mungkin sudah berusia ribuan tahun dan merupakan prototip musik vokal di dunia.

Editor: Hasriyani Latif
TIF
Toraja International Festival (TIF) 2021 yang ke-9 berlangsung di Rante Buntu Pempon, Kecamatan Balusu, Rantepao, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan. 

TRIBUN-TIMUR.COM, TORAJA - Toraja International Festival (TIF) 2021 yang ke-9 berlangsung di Rante Buntu Pempon, Kecamatan Balusu, Rantepao, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan.

Di antara semua tongkonan yang ada di Toraja Utara, Rante Buntu Penpom termasuk venue yang sangat cocok bagi penyelenggaraan TIF yang bertaraf internasional. 

Disamping memiliki area yang luas, Rante ini juga memiliki deretan Lantang yang sangat indah dalam jumlah besar.

Cocok untuk menjadi background khas dari panggung TIF yang menjadi tempat presentasi Seni dan Budaya Toraja. 

berdasarkan rilis yang diterima tribun-timur.com, Minggu (12/9/2021), tahun ini TIF ke-9 juga akan memberikan fokus kepada penampilan kesenian tradisional Toraja dan Sulawesi Selatan.

Yang istimewa dari penampilan ini adalah grup-grup kesenian yang tampil adalah grup-grup kesenian yang secara turun-temurun masih menjaga kelestarian dan keaslian mereka dalam menampilkan musik dan tarian khas Toraja dan Sulawesi Selatan. 

Misalnya grup musik paduan suara laki-laki dan wanita tradisional Toraja yang bernama Ma’nimbong dan Ma’dandan.

Kedua jenis kesenian ini berasal dari Desa Lokolemo yang terletak jauh di atas wilayah pegunungan Pangala, daerah dimana pahlawan Toraja yang terkenal, Pongtiku berasal. 

Ma’nimbong dan Ma’dandan adalah sebuah musik tutur vokal yang mungkin sudah berusia ribuan tahun dan merupakan prototip musik vokal di dunia jika ditinjau dari konsep estetika dan struktur komposisi musik tersebut.

Musik vokal yang pada prinsipnya menggunakan melodi satu nada berbentuk drone ini usianya dapat dibandingkan dengan lukisan purba yang ada di goa Leang-Leang, Maros, Sulawesi Selatan. 

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved