Breaking News:

Daun Jarak

Sederet Manfaat Daun Jarak untuk Kesehatan

Dari ribuan atau mungkin jutaan tanaman yang ada di dunia, daun jarak menjadi salah satu jenis yang diyakini bisa menyembuhkan sejumlah penyakit.

Editor: Muh. Irham
Tribun Timur
Daun jarak. 

TRIBUN-TIMUR.COM - Tanaman jarak dikenal sebagai tanaman pagar yang banyak tumbuh di pekarangan. Bahkan, tanaman ini kurang diperhatikan karena masih banyak orang yang belum mengeahui manfaatnya yang luar biasa.

Dari ribuan atau mungkin jutaan tanaman yang ada di dunia, daun jarak menjadi salah satu jenis yang diyakini bisa menyembuhkan sejumlah penyakit.

Mengutip Jurnal Ners Volume 2 Nomor 2 Tahun 2018, di Indonesia daun jarak juga dikenal dengan nama jarak paer atau jarak wolanda. Sesuai dengan daerahnya, daun jarak disebut nawaib nawas (Aceh), balacae (Manado), dammar ende (Timur), jirak (Minangkabau), jarak kosta (Sunda), kaleke/keleke pagbar (Madura), jarak pageb (Bali), jarak budge/jarak gundul/jarak iri/jarek pager/jarak cina (Jawa), kuman nema (Alor), dan beaw (Sulawesi Utara).

Sementara di daerah lainnya, daun jarak dikenal dengan nama bintalo/biau (Gorontalo), tando ntomene (Baree), tangang-tangang kali kanjoli (Makasar), peleng kaliki (Bugis), lulu nau/lulu ai fula (Rote), paku kase/paku luba/paku lunat (Timor), malete (Seram Timur), Makamale/ai bua kamala (Seram Barat), ai buakamaalo/ai kamene/yaibua kamalo (Seram Selatan), balacai/kadoto (Halmahera Selatan), dan balacai bisa (Ternate dan Tidore).

Daun jarak sendiri memang sudah ada sejak zaman nenek moyang. Tumbuhan ini dikenal sangat tahan kekeringan dan mudah diperbanyak dengan stek.

Tanaman ini sudah terkenal mampu dijadikan sebagai bahan pengobatan sekaligus racun.

Untuk mendapatkan segudang manfaatnya, ada berbagai bagian tanaman jarak yang bisa digunakan. Mulai dari daun, biji, dan buahnya.

Ada beberapa kandungan zat penting yang dibutuhkan untuk tubuh dan bisa ditemukan dalam daun jarak seperti alkaloid, astragalin, fitonutrien, nicotiflorin, kaempferol, dan quercetin.

Senyawa-senyawa tersebut ada yang bersifat sebagai antioksidan, anti bakteri, maupun anti inflamasi. Jadi, walaupun tergolong tanaman liar, daun jarak memiliki segudang manfaat tak terduga bagi kesehatan tubuh.

Namun bukan hanya daunnya saja, biji jarak juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Biji jarak biasanya diolah menjadi minyak untuk mendapatkan manfaat bagi kesehatan.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved