Breaking News:

Kesehatan

Catat! Begini Cara Aman Mengeluarkan Dahak pada Bayi

Semakin cepat dahak keluar dari tubuh bayi, semakin berkurang pula gejala-gejala yang ditimbulkan dari penyakit yang sedang dialami.

Editor: Muh. Irham
Pexels
Ilustrasi Bayi 

TRIBUN-TIMUR.COM - Bayi rentan mengalami berbagai jenis penyakit karena sistem imunnya yang belum terbentuk secara sempurna. Beberapa jenis penyakit yang biasanya dialami bayi adalah demam, pilek, dan batuk.

Jenis penyakit tersebut dapat memunculkan dahak yang mengganggu sistem pernapasan. Maka dari itu, cara mengeluarkan dahak pada bayi perlu Anda lakukan supaya bayi bisa merasa nyaman.

Semakin cepat dahak keluar dari tubuh bayi, semakin berkurang pula gejala-gejala yang ditimbulkan dari penyakit yang sedang dialami.

Beberapa tanda bayi sedang sakit adalah susah tidur di malam hari, rewel, lebih sering menangis, dan lain sebagainya. Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan dahak pada bayi.

Namun, Web MD (webmd.com) tidak merekomendasikan obat pilek dan sejenisnya untuk bayi di bawah usia dua tahun. Alih-alih memberikan obat yang dijual di apotek kepada bayi, ada cara lain yang lebih aman untuk membersihkan dahak.

Mulai dari mencegah bayi dehidrasi, memakai saline drop, memberikan asupan sup ayam, dan humidifier.

Jumlah lendir yang ada pada tubuh bayi sering kali membuat dehidrasi. Sama seperti orang dewasa, dehidrasi pada bayi tentu saja dapat mengganggu kesehatan tubuh yang lain.

Karena hal itu, Anda bisa mencegah dehidrasi pada bayi dengan memperbanyak asupan cairan. Berikan ASI atau susu formula lebih sering supaya dehidrasi pada bayi tak terjadi.

Bayi yang memiliki cairan yang cukup di tubuhnya akan mengeluarkan urin berwarna terang.

Namun, pastikan untuk tidak memberi soda atau jus dengan pemanis tambahan, ya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved