Breaking News:

Siapa Senat Soll? Mantan Anggota TNI AD yang Membelot Jadi Tokoh KKB, Melawan Saat Ditangkap

Tim gabungan Polres Yahukimo dan Satgas Ops Nemangkawi menangkap Senat Soll, salah satu pimpinan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB), di Dekai, Papua.

Editor: Ilham Arsyam
Tibun Manado
Ilustrasi anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua juga tampak bendera bintang kejora 

TRIBUN-TIMUR.COM - Tim gabungan Polres Yahukimo dan Satgas Ops Nemangkawi menangkap Senat Soll, salah satu pimpinan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB), di Dekai, Papua.

Penangkapan dilakukan Kamis (2/9/2021) sekitar pukul 05.00 WIT.

"Saat ditangkap, Senat Soll sempat melawan sehingga anggota terpaksa menembak dan terkena kaki bagian kanan," kata Direktur Reserse Kriminal Umum (Reskrimum) Polda Papua Kombes Faisal Rahmadani di Jayapura, Kamis dikutip dari Antara.

Saat ini Senat Soll alias Ananias Yalak masih mendapat perawatan di RSUD Dekai dan akan dievakuasi ke Jayapura hari ini.

Senat Soll adalah mantan anggota TNI AD. Awalnya, dia terlibat kasus jual beli amunisi sebanyak 155 butir di tahun 2018, saat masih tergabung dengan TNI AD.

Bahkan, Satuan Tugas (Satgas) Nemangkawi memasukkan Senat Soll sebagai salah satu dari tiga tokoh yang menggalang kekuatan untu KKB, dua lainnya adalah Tenius Gwijangge dan Temianus Magayang.

Tenius Gwijangge merupakan tokoh yang memimpin KKB saat melakukan aksi pembunuhan empat pekerja bangunan di Kampung Bingki, Distrik Seradala, Kabupaten Yahukimo pada 25 Juni lalu.

Selain itu, KKB pimpinan Tenius Gwijangge diduga juga melakukan pembunuhan terhadap dua pekerja yang tengah membangun jembatan di Kali Barza pada Minggu, 22 Agustus 2021.

Kemudian, Temianus Magayang merupakan pimpinan KKB yang bergerak di wilayah Yahukimo.

Kelompok bersenjata ini pernah terlibat dalam pembunuhan dua anggota TNI AD dari Yonif Linud 432 Kostrad.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved