Breaking News:

Citizen Reporter

HMO FT UNM Sosialisasikan Manfaat Limbah Kotoran Ternak Jadi Biogas di Takalar

Himpunan Mahasiswa Otomotif (HMO), Fakultas Teknik (FT), Universitas Negeri Makassar (UNM), menggelar sosialisasi pelaksanaan Program Holistik

Penulis: CitizenReporter | Editor: Sudirman
ist
Wakil Rektor Bidang Kemahasiswanaan¬† Prof Sukardi Weda 

Citizen Reporter Muh Ilham

Mahasiswa UNM

Himpunan Mahasiswa Otomotif (HMO), Fakultas Teknik (FT), Universitas Negeri Makassar (UNM), menggelar sosialisasi pelaksanaan Program Holistik Pemberdayaan dan Pembinaan Desa (PHP2D).

Sosialisasi diadakan di Balai Desa Laikang, Kecamatan Mangarabombang, Kabupaten Takalar, Sabtu (14/8/2021).

Hadir Wakil Rektor Bidang Kemahasiswanaan  Prof Sukardi Weda, Sekretaris Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Takalar, Ikbal Rasyid, Kepala Desa Laikang Amir.

Perangkat Desa Laikang, pengurus Karang Taruna serta masyarakat Desa Laikang.

WR III UNM, Prof Sukardi Weda Mengatakan, kegiatan PHP2D ini sebagai mitra masyarakat dalam mengembangkan potensi sumber daya yang ada Desa Laikang.

Ia juga memberi apresiasi kepada tim PHP2D HMO FT-UNM karena dapat menyelenggarakan kegiatan tersebut dalam kondisi pandemi.

"Sebagai mitra masyarakat Desa Laikang dalam mengembangkan potensi sumber energi yang terbarukan dan saya apresiasi tim PHP2D HMO FT-UNM atas terlaksananya kegiatan ini walaupun dalam kondisi pandemi," ujar Sukardi Weda.

Sekretaris Dinas Pertaniandan Ketahanan Pangan Kabupaten Takalar, Ikbal Rasyid Daeng Situru turut memberikan edukasi kepada masyarakat.

Edukasi mengenai "Potensi Kotoran Ternak Sebagai Sumber Energi Masa Depan" dan “Ketahan Pangan dengan Pupuk Organik” .

"Besar harapan kami agar kegiatan PHP2D ini tidak sampai disini saja namun terus berkelanjutan, sehingga Desa Laikang mampu menjadi mitra kami," ujarnya.

Serta melalui kegiatan PHP2D ini, mahasiswa dapat mengaplikasikan pembelajaran yang telah didapatkan dari kampus.

Pelaksanaan kegiatan PHP2D dengan melakukan pemberdayaan masyarakat Desa Laikang berbasis pemanfaatan limbah kotoran ternak menjadi biogas dan bio fertilizer.

Hal ini untuk mendukung program energi terbarukan dan ketahanan pangan berlangsung kurang lebih 4 bulan di Desa Laikang.

Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved