Breaking News:

Tribun Parepare

Gandeng Perusahaan, Pemkot Parepare Teken MoU Bina Lulusan Siap Kerja

Pihaknya mengungkapkan pendampingan tersebut dilakukan melalui forum Bursa Kerja Khusus (BKK) dengan tujuan

Penulis: Darullah | Editor: Imam Wahyudi
Humas Pemkot Parepare.
Plt Kepala Dinas Tenaga Kerja Parepare, Abd Latif. 

TRIBUNPAREPARE.COM, PAREPARE - Dinas Ketenagakerjaan Pemkot Parepare telah melakukan penandatanganan MoU terkait Pengembangan Pembinaan PPK Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) SMK Pusat Keunggulan, dengan UPT SMKN 2 Parepare dan para Mitra Industri.

Penandatangan MoU tersebut dengan tujuan untuk lebih mempermuda akses pencari kerja lokal dalam mendapatkan pekerjaan.

Plt Kepala Dinas Tenaga Kerja Parepare, Abd Latif mengatakan bahwa Pemerintah Kota Parepare mengapresiasi inovasi-inovasi yang diluncurkan oleh UPT SMKN 2 Parepare.

"Pemerintah Kota Parepare mengapresiasi inovasi-inovasi yang diluncurkan oleh UPT SMKN 2 Parepare," ujarnya kepada Tribuntimur.com via keterangan rilisnya, Jumat (6/8/2021) siang.

"Tentunya dengan ini, Pemerintah hadir untuk memberikan pendampingan kepada Sekolah Menengah Kejuruan yang melakukan kerjasama dengan perusahaan," kata dia.

Pihaknya mengungkapkan pendampingan tersebut dilakukan melalui forum Bursa Kerja Khusus (BKK) dengan tujuan mempertemukan pemberi kerja dan pencari kerja yang berasal dari lulusan SMK.

"Pendampingan tersebut kita lakukan melalui forum BKK dengan tujuan mempertemukan pemberi kerja dan pencari kerja yang berasal dari lulusan SMK," tandasnya.

"Peran kita disini menciptakan tenaga-tenaga kerja yang terampil yang ada di Kota Parepare," paparnya.

"Contohnya, dia lulus di SMK Negeri 2 tapi tidak mendapatkan pengakuan dari Pemerintah untuk mengikuti pelatihan di BLK maupun kerja di perusahaan," imbuhnya.

Abd Latif memaparkan, sebelum bekerja di perusahaan mereka sudah harus mendapatkan sertifikat dari pemerintah.

"Jadi sebelum bekerja di perusahaan mereka sudah harus mendapatkan sertifikat dari Pemerintah. Kita akan fasilitasi terkait sertifikasi itu," jelasnya.

"Dengan mendapat pengakuan tersebut, Disnaker siap mendampingi dan memfasilitasi kerja sama antara SMK dan perusahaan terkait rekrutmen tenaga kerja, Praktik Kerja Lapangan (PKL) maupun pemagangan," terang Abd latif.

Dengan adanya MoU ini, maka para pencari kerja lokal bisa langsung ke Disnaker untuk mendapatkan informasi mana perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja.

"Maka dari itu, para pencari kerja lokal bisa langsung ke Disnaker untuk mendapatkan informasi mana perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja," bebernya.

"Tentunya kita akan fasilitasi terkait hal itu," tutup Plt Kepala Dinas Tenaga Kerja Parepare.

Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved