Breaking News:

Khazanah Islam

Ini 6 Penyebab Pria Wanita Wajib Mandi Junub, Sesuai Hadist Keluar Mani hingga Bertemu Dua Kemaluan

Selain tata cara mandi wajib, masih ada kaum muslim yang tidak mengetahui penyebab seseorang wajib melakukan mandi Junub atau mandi wajib.

Internet
Ilustrasi. Selain tata cara mandi wajib, masih ada kaum muslim yang tidak mengetahui penyebab seseorang wajib melakukan mandi Junub atau mandi wajib. 

TRIBUN-TIMUR.COM - Saat ini masih ada kaum muslim yang belum mengetahui tata cara mandi wajib atau tata cara mandi junub.

Selain tata cara mandi wajib, masih ada kaum muslim yang tidak mengetahui penyebab seseorang wajib melakukan mandi Junub atau mandi wajib.

Dilansir dalam buku Praktik Mandi Janabah Rasulullah Menurut 4 Mazhab karya Isnan Ansory, Lc, MA, para ulama umumnya sepakat bahwa sebab yang mewajibkan seorang muslim untuk melakukan mandi janabah, atau yang menyebabkannya menjadi junub ada 6 hal.

Tiga hal di antaranya dapat terjadi pada laki-laki dan perempuan. Dan tiga yang lain hanya terjadi pada perempuan.

Ini dia, menurut Tribun Khazanah Islam

1. Keluar Mani

Para ulama sepakat bahwa keluarnya air mani menyebabkan seseorang mendapat janabah, baik dengan cara sengaja seperti jima’ atau masturbasi; maupun dengan cara tidak sengaja, seperti mimpi atau sakit; demikian pula terjadi pada laki-laki maupun wanita.

Dalil kesepakatan ini, sebagaimana berikut:

الْمَاءُ مِنْ الْمَاءِ (متفق عليه)

Dari Abi Said al-Khudhri ra berkata: Rasulullah saw bersabda: “Sesungguhnya air itu (kewajiban mandi) dari sebab air (keluarnya sperma). (HR. Bukhari Muslim).

Halaman
1234
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved