Breaking News:

Daun Jarak

Cara Menyembuhkan Sakit Gigi dengan Getah Daun Jarak

Sakit gigi adalah masalah kesehatan yang sangat mengganggu aktivitas. Oleh karena itu, penyakit ini harus segera disembuhkan.

Editor: Muh. Irham
Handover
Ilustrasi sakit gigi 

TRIBUN-TIMUR.COM - Sakit gigi adalah masalah kesehatan yang sangat mengganggu aktivitas. Oleh karena itu, penyakit ini harus segera disembuhkan.

Untuk menyembuhkan sakit gigi, ada banyak cara yang bisa dilakukan di antaranya adalah dengan menggunakan getah daun jarak.

Getah jarak memang sudah lama dikenal bisa menyembuhkan sakit gigi.

Tumbuhan jarak memiliki nama latin Jatropha curcas. Dalam bahasa Yunani, jatros berarti ‘dokter’ dan trophe berarti ‘makanan’ atau ‘nutrisi’. Jatropha curcas dapat diartikan sebagai ‘tanaman obat’.

Dilansir dari berbagai sumber, daun jarak mengandung sejumlah senyawa aktif seperti; Alkaloid, Astragalin, Fitonutrien, Nicotiflorin, Kaempferol, Quercetin.

Manfaat daun jarak untuk sakit gigi sudah dibuktikan sejak lama. Tumbuhan ini dipercaya mempunyai efek analgesik atau zat anti nyeri sehingga dapat digunakan sebagai obat sakit gigi.

Menurut Indonesian Journal of Dentistry 2006, manfaat analgesik dari getah jarak ini bisa menyerupai obat paracetamol. Artinya, efektivitasnya hanya berlaku selama 3-6 jam, lalu dalam 24 jam kemudian efeknya menurun.

Dari penelitian medis, memang getah jarak ini diketahui mengandung zat yang bersifat antimikroba yang dapat membunuh bakteri staphylococcus, streptococcus dan Escherechia coli.

Selain bermanfaat menyembuhkan sakit gigi, ada mitos yang mengatakan bahwa jika getah jarak ini terkena gigi malah bisa membuat gigi keropos.

Dikutip dari tulisan Gustaaf Kusno, penelitian yang menjelaskan tentang mekanisme terjadinya pengeroposan gigi sepertinya belum banyak dilakukan.

Bagaimana cara menggunakan getah jarak sebagai obat pereda sakit gigi?

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved