Breaking News:

Tribun Pangkep

Dorong Tiga Kali Masa Panen di Pangkep, SYL: Padi Bisa Diselingi Tanaman Lain

Ia sempat mencoba memanen panen menggunakan Combine Harvester didampingi oleh Bupati Pangkep, Muhammad Yusran Lalogau.

Penulis: Nurul Hidayah | Editor: Hasriyani Latif
TRIBUN-TIMUR.COM/NURUL
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo didampingi Bupati Pangkep, Muhammad Yusran Lalogau mengendarai Combine Harvester, Senin (19/7/2021). 

TRIBUNPANGKEP.COM, PANGKEP - Menteri Pertanian Republik Indonesia, Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengunjungi area persawahan di Desa Panaikang, Kecamatan Minasatene, Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan, Senin (19/7/2021).

Ia sempat mencoba memanen panen menggunakan Combine Harvester didampingi oleh Bupati Pangkep, Muhammad Yusran Lalogau.

Dalam kesempatan tersebut, SYL, sapaan akrabnya memastikan bahwa produktifitas pangan utamanya padi di Kabupaten Pangkep dalam kondisi baik.

"Produktivitas kita karena alam bersahabat selalu terpenuhi, pertanian kita tidak pernah berhenti, panen raya tak pernah berhenti. Oleh karena itu, produktivitas dibidang pangan utamanya beras Alhamdulillah cukup baik," ucapnya dalam konferensi pers di Desa Panaikang.

Ia pun meminta agar masa tanam di Kabupaten Pangkep dapat ditambah menjadi tiga kali dalam setahun.

"Lahan jangan dibiarkan nganggur lebih dari 20 hari, kita kehilangan (rugi). Buat tiga musim tanam, pangkep itu bagus sekali untuk memaksimalkan masa tanam pasti bisa," katanya.

Diketahui sebelumnya masa tanam di Pangkep hanya dua kali dalam setahun.

"Kita punya alam yang cukup bagus di Pangnkep ini, kalau cuma dua kali tanam dalam setahun, kita cuma pake enam bulan, masih tersisa enam bulan lagi, oleh karena itu saya bersama berbagai pihak sepakat bahwa masa tanam akan ditingkatkan menjadi tiga kali dalam setahun," tuturnya.

Untuk mewujudkan tiga kali masa tanam tersebut, ia mengimbau agar petani menggunakan seluruh sumber daya yang ada.

"Jangan cuma bergantung pada alam, gunakan seluruh sumber daya dan fasilitas. Kalau perlu nanti diberikan bantuan," tuturnya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved