TNI

Peraih Bintang Adhi Makayasa Akmil Angkatan Darat Septian Pasaribu Sekampung Luhut Pandjaitan

Peraih bintang Adhi Makayasa 2021 Septian Haryono Pasaribu ternyata berasal dari Sumatera Utara sekampung dengan Luhut Binsar Pandjaitan.

Editor: Muh Hasim Arfah
akmil
Septian Haryono Pasaribu (kiri) menjadi peraih bintang Adhi Makayasa yang diserahkan langsung KSAD Jenderal Andika Perkasa di Akmil Jawa Tengah, Selasa (6/7/2021). 

TRIBUN-TIMUR.COM- Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) TNI, Jenderal Andika Perkasa memberikan penghargaan kepada taruna atau taruni yang meraih predikat terbaik.

Hal itu dia sampaikan saat memimpin upacara penutupan Pendidikan dan Wisuda Sarjana bagi taruna atau taruni tingkat IV Akmil Tahun 2021, Selasa (6/7/2021).

Sermatutar Septian Haryono Pasaribu dari Program Studi Manajemen Pertahanan Korps Infanteri (Inf) menjadi sebagai lulusan terbaik taruna atau peraih Adhi Makayasa.

Septian berasal dari Sumatera Utara.

Sermatutar Septian Haryono merupakan lulusan SMAN 2 Balige, Sumatera Utara.

Ia satu kampung dengan penerima Adhi Makayasa Akademi Militer Nasional angkatan 1970, Jenderal (HOR) Luhut Binsar Pandjaitan. 

Baca juga: Ikuti Jejak SBY, Luhut, dan Tito Karnavian, Putra Sumatera Hary Indradjati Raih Adhi Makayasa

Luhut adalah tentara dari Simargala, Huta Namora, Silaen, Toba Samosir, Sumatra Utara.

Saat ini Luhut menjabat sebagai menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi. 

Saat menjadi tentara aktif, dia banyak memimpin satuan elite TNI AD.

Komandan Pusat Kesenjataan Infanteri (Pussenif) TNI-AD (1996–1997) dan Komandan Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Darat (Kodiklat TNI AD) (1997–1998).

Sementara peraih taruni terbaik untuk atau Anindya Wiratama tahun ini yaitu Sermatutar Chaterine I Simbolon dari Prodi Teknik Mesin Pertahanan (Niksinhan) dengan Korps Perbekalan dan Angkutan (Cba).

Baca juga: Skenario Jenderal Andika Perkasa Jadi Panglima TNI? Golkar Minta Jokowi Kirim Nama Sebelum Agustus

Sebanyak 227 taruna dan taruni yang mengikuti upacara wisuda di di Lapangan Stadion Sapta Marga Akmil Magelang, Jawa Tengah tersebut.

“Setelah itu taruna atau taruni menduduki jabatan sebagai Komandan Peleton (Danton) dan setingkatnya, baik di satuan Tempur, satuan Banpur maupun satuan Banmin dan akan ditempatkan di jajaran TNI AD di seluruh penjuru Tanah Air Republik Indonesia,” kata KSAD di laman situs resmi Akmil, dikutip Selasa (6/7/2021).

Selan Akmil, akademi militer lainnya dan akademi kepolisian juga telah melakukan upacara penutupan pendidikan serta wisuda bagi para taruna.

Dalam wisuda itu juga diserahkan penghargaan bagi lulusan terbaik.

Penghargaan Adhi Makayasa diberikan kepada mereka yang berprestasi terbaik pada tiga aspek yakni akademis, jasmani, dan kepribadian.

Ada pula penghargaan Tri Sakti Wiratama, yaitu mereka yang lulus terbaik dari tiga aspek tersebut, namun dihitung hanya di tingkat akhir pendidikan.

Umumnya peraih Adhi Makayasa juga menyandang Tri Sakti Wiratama.

Namun ada kalanya, peraih penghargaan ini berbeda.(*)

Baca juga: Jika Jokowi Tunjuk Jenderal Andika Perkasa, Politisi PDIP: Pergantian Panglima TNI Bulan Juli 2021

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved