Breaking News:

Citizen Reporter

Tiga Tahun Pengalaman Berharga Kuliah di Rusia yang Penuh Lika-liku, Rindu Sedih dan Sakit!

Tinggal di luar Indonesia telah memberikan pengetahuan besar tentang perbedaan orang Indonesia yang tinggal di negara ini dan yang di luar negeri

Editor: AS Kambie
dok.tribun
Achmad Firdaus Hasrullah (tengah) saat mengikuti wisuda di Higher School of Economics University, HSE University, Moskow, Rusia, Sabtu, 3 Juli 2021. 

Tiga tahun pengalaman berharga kuliah di Rusia yang penuh Lika-liku

Achmad Firdaus Hasrullah SIP MIR
Mahasiswa S2 Higher School of Economics (HSE) University
Melaporkan dari Moskow, Rusia

TRIBUN-TIMUR.COM, MOSKOW - Setelah 3 tahun melanjutkan studi di negara beruang merah, pada tanggal 29 Juni 2021, salah satu terbaik kampus terbaik di Rusia yaitu, Higher School of Economics University, HSE University, Kota Moskow menyelenggarakan wisuda dalam keadaan normal, Sabtu, 3 Juli 2021.

Itulah wisuda digelar secara langsung untuk pertama kalinya pasca Lockdown sejak tahun lalu dikarenakan keadaan yang tidak memungkinkan pada saat itu.

Walaupun hanya sebentar, tetapi rasa bahagia dan bangga pun hadir di acara wisuda ini dan menjadi kenangan bagi para lulusan dan membentuk tradisi yang baik untuk masa depan yang lebih baik pula.

Achmad Firdaus Hasrullah
Achmad Firdaus Hasrullah (dok.tribun)

Momen wisuda ini bukan hanya tentang kita sebagai para wisudawan, namun lebih dari itu, wisuda ini juga tentang perjuangan dan restu orang tua yang mengantar kita menjadi diri yang sekarang.
    

Namun, dibalik rasa bangga dan bahagia itu tersimpan pula beban psikologis, rindu, sedih, dan sakit.

Ribuan kilometer berada jauh dari rumah dan kejenuhan selalu menghampiri, banyak hal yang terasa berat.

Namun, tekad untuk menyelesaikan studi S-2 tentu tetap harus berlanjut.

Belajar di luar negeri menuntut diri menjadi lebih mandiri dari segi akademis dan juga dalam mengatur kehidupan sehari-hari, misalnya mengatur keuangan dan pola makan.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved