Breaking News:

Tribun Luwu Timur

Umat Hindu Karambua Luwu Timur Gelar Ngaben Massal 56 Jenazah

Umat Hindu di Desa Karambua menggelar upacara adat Pitra Yadnya atau ngaben massal di Balai Desa Karambua, Kecamatan Wotu, Luwu Timur

Penulis: Ivan Ismar | Editor: Suryana Anas
PHDI Luwu Timur
Umat Hindu di Desa Karambua menggelar upacara adat Pitra Yadnya atau ngaben massal di Balai Desa Karambua, Kecamatan Wotu, Luwu Timur, Sulawesi Selatan (Sulsel), Rabu (3062021). 

TRIBUNLUTIM.COM, MALILI - Umat Hindu di Desa Karambua menggelar upacara adat Pitra Yadnya atau ngaben massal di Balai Desa Karambua, Kecamatan Wotu, Luwu Timur, Sulawesi Selatan (Sulsel), Rabu (30/6/2021).

Sebanyak 56 jenazah di aben massal dalam kegiatan tersebut. 

Ketua Parisada Hindu Darma Indonesia (PHDI) Luwu Timur, I Wayan Sudino mengatakan ngaben massal ini sudah direncanakan sejak tahun lalu.

Namun karena pandemi Covid-19, sehingga ditunda dan akhirnya bisa terlaksana tahun 2021 ini.

Ngaben massal kata Wayan Sudino, merupakan upacara penyucian atma (roh) yang pertama, sebagai kewajiban umat Hindu kepada leluhurnya dengan melakukan upacara pembakaran jenazah.

Makna upacara ini adalah mengantar kerabat yang meninggal agar bisa berjalan lancar dalam kehidupan di alam lain setelah hidup di dunia ini.

Ngaben massal ini dipimpin oleh Ida Pedanda Nabe. Hadir Bupati Luwu Timur, Budiman, Plt Camat Wotu, Iskandar Muda, Pembimas Hindu Kanwil Kemenag Sulsel, Wayan Shantika dan Anggota DPRD Luwu Timur Heriyanti Harun.

Selain itu, PHDI Desa Karambua, I Kadek Jojon Wiyantara dan Ketua Panitia Ngaben Massal, I Dewa Putu Alit Swastika.

I Wayan Sudino juga mengapresiasi perhatian pemkab yang telah memberikan insentif kepada Pandita maupun Pinandita di beberapa desa.

"Meskipun belum semuanya dapat," kata I Wayan Sudino.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved