Breaking News:

Tribun VIP

Dulu Prof Farida Patittingi Bercita-cita Jadi Insinyur, Kini Dekan Fakultas Hukum Unhas

Dekan Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin Prof Dr Farida Patittingi SH MHum ternyata dulunya bercita-cita menjadi seorang insinyur

Penulis: Ari Maryadi | Editor: Suryana Anas
TRIBUN-TIMUR.COM/ARI MARYADI
Dekan Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin Makassar Prof Dr Farida Patittingi SH M Hum jadi pembicara Tribun VIP berjudul Afirmasi Sang Guru Besar, Sabtu (2662021). 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR -- Dekan Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin Makassar Prof Dr Farida Patittingi SH MHum ternyata dulunya bercita-cita menjadi seorang insinyur, bukan jadi akademisi ilmu hukum.

Farida kecil pun memutuskan mendaftarkan diri pada prodi Teknik Sipil Universitas Hasanuddin pada 1985 lalu. Prodi teknik sipil jadi pilihan pertamanya.

Sementara pilihan kedua Farida memilih jurusan perikanan. Pilihan ketiga barulah Fakultas Hukum Unhas.

"Tadinya saya cita-cita jadi insinyur, pilihan pertama saya dulu teknik sipil. Terus pilihan kedua jurusan perikanan, ketiga fakultas hukum," kata Prof Farida dalam bincang Tribun VIP Tribun Timur, Sabtu (26/6/2021).

Akan tetapi, Farida kecil saat itu ternyata lulus ke Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin.

Meski gagal lulus teknis sipil, Farida sebagai pelajar dari Bone tetap bangga karena berhasil masuk ke Universitas Hasanuddin.

"Tapi itu yang lulus Alhamdulillah kita syukuri apalagi bangga kita Unhas, saya dari kampung di Bone bisa masuk Unhas luar biasa ya saya sangat bersyukur," sambungnya.

Farida terus menekuni prodi tersebut walaupun awalnya mau jadi insinyur. Baginya lulus Fakultas Hukum Unhas adalah rezeki yang diberikan Allah.

Meski demikian, Farida rupanya tidak memilih menjadi jaksa, hakim, ataupun pengacara saat lulus Fakultas Hukum Unhas. Sang ayah berharap Farida menjadi seorang guru. 

"Saya jalani, tekuni, lulus jadi sarjana hukum, biasanya orang jadi jaksa, hakim, pengacara, tapi ayah saya mau saya jadi guru," ujarnya.

"Alhamdulillah mungkin karena doa dari ayah saya yang sangat kedepankan pendidikan, nasib kita bisa berubah dengan pendidikan. Jadi pokoknya terus berupaya raih pendidikan yang lebih baik walaupun dengan keterbatasan, beliau bisa sekolahkan saya, kakak, dan adek-adek saya," katanya.

Bincang Tribun VIP dipandu oleh jurnalis Tribun Timur Muh Hasim Arfah, Sabtu (26/6/2021).

Bincang tersebut terasa spesial karena bertepatan dengan hari lahir Prof Farida.

Selengkapnya saksikan di YouTube Tribun Timur:

Laporan Kontributor TribunMakassar.com @bungari95

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved