Breaking News:

Tribun Sulbar

40 Pustakawan Sulbar Ikuti Bimtek Strategi Pengembangan Perpustakaan

Perpusnas mengadakan Bimtek Strategi Pengembangan Perpustakaan dan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Layanan Perpustakaan

Penulis: Sukmawati Ibrahim | Editor: Suryana Anas
TRIBUN-TIMUR.COM/SUKMAWATI IBRAHIM
Bimbingan Teknis (Bimtek) Strategi Pengembangan Perpustakaan-Teknologi Informasi dan Komunikasi bagi Pustakawan di bawah naungan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar), di Swiss Belhotel Makassar, Selasa (1562021). 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Perpustakaan Nasional RI (Perpusnas) mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Strategi Pengembangan Perpustakaan-Teknologi Informasi dan Komunikasi bagi Pustakawan di bawah naungan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar), di Swiss Belhotel Makassar, Senin-Jumat (14-18/6/2021).

 Pustakawan Ahli Utama Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, Mukhtar Dole hadir dalam kegitaan ini.

Sekertaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) Haji Andi Sitti Kamalia mengatakan, 40 pustakawan dari 3 Kabupaten dihadirkan pada Bimtek ini.

Kabupaten tersebut ialah Mamuju, Majene dan Polewali Mandar.

"Dengan program ini, kami berharap pustakawan atau Sumber Daya Manusia (SDM) makin mumpuni dan andal," katanya.

Di samping itu, peserta yang ikut terlibat ke depannya dapat berkontribusi dalam memajukan fungsi Perpustakaan Kabupaten maupun Desa.

"Jadi perpustakaan kabupaten atau desa bukan hanya tempat menyimpan buku, mendorong literasi tetapi juga edukasi dan wadah bagi masyarakat dalam meningkatkan keterampilan sesuai kebutuhan," katanya.

Ia juga berharap, program ini ke depannya dapat bernilai ekonomi dan membantu masyarakat dalam Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). 

Bimtek ini diharap dapat meningkatkan pengetahuan pengelola perpustakaan umum di daerah.

Demikian pula strategi pengembangan perpustakaan umum berbasis inklusi sosial dengan memberdayakan teknologi informasi. 

Adapun Materi bimtek mencakup strategi  pelibatan masyarakat, strategi peningkatan layanan informasi, strategi advokasi perpustakaan, penggunaan sistem informasi manajemen untuk pendokumentasian  kegiatan perpustakaan, identifikasi dampak layanan perpustakaan, TIK dasar dan  penyusunan rencana kegiatan transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial dalam situasi kenormalan baru akibat pandemi Corona.

Selain itu, pelaksanaan Bimtek ini juga diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan pengelola perpustakaan umum di daerah.

Laporan Wartawan Tribun Timur @umhaconcit

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved