Breaking News:

Kisah Pahlawan

Inilah Kisah Cinta Romeo dan Juliet Ala Sulawesi Selatan, Datu Museng dan Maipa Deapati

Sulawesi Selatan memiliki sebuah cerita romantis nan mengharukan. Cerita tentang sepasang kekasih Datu Museng dan Maipa Deapati.

Inilah Kisah Cinta Romeo dan Juliet Ala Sulawesi Selatan, Datu Museng dan Maipa Deapati
int
Kisah Datu Museng dan Maipa Deapati

TRIBUNTIMUR.COM - Sulawesi Selatan memiliki sebuah cerita romantis nan mengharukan. Cerita tentang sepasang kekasih Datu Museng dan Maipa Deapati.

Cerita ini begitu populer di kalangan masyarakat Sulsel. Cerita ini kemudian diturunkan kepada anak cucu mereka dan masih sering dibaca dan diceritakan hingga saat ini.

Begitu hebatnya cerita antara Datu Museng putra bangsawan Kerajaan Gowa dan Maipa Deapati Putri bangsawan Kerajaan Sumbawa ini tertanam di dalam benak orang-orang Sulsel sehingga kemudian nama dari kedua tokoh legendaris ini diabadikan sebagai nama jalan di Kota Makassar.

Nama jalan itu seakan sengaja dibuat berdampingan saling berdekatan seakan-akan Pemerintah Kota Makassar turut merestui hubungan percintaan abadi mereka berdua.

Jalan Maipa berada di sisi kanan Hotel Imperial Aryaduta Makassar. Pada ujung barat jalan Datu Museng, terdapat situs makam dengan dua nisan kayu yang bersanding kukuh, yang konon katanya itulah makam kedua pasangan cinta ini dimakamkam, Datu Museng dan kekasihnya Maipa Deapati.

Kisah percintaan Datu Museng dan Maipa Deapati ini berawal ketika Addengareng kakek dari Datu Museng melarikan diri bersama cucunya menyebarangi lautan nan luas menuju ke negeri Sumbawa, akibat dari politik adu domba yang dilancarkan penjajah Belanda di tanah Gowa.

Politik adu domba itu membuat bumi Gowa bergejolak dan tidak kondusif lagi untuk dijadikan tempat tinggal yang aman.

Di Pulau Sumbawa itulah akhirnya Datu Museng tumbuh menjadi seorang yang dewasa dan bertemu dengan Maipa Deapati di sebuah rumah Pengajian bernama Bale Mampewa.

Akhirnya tumbuh benih cinta di hati Datu Museng sejak pertama kali melihat sosok Maipa Deapati yang anggun dan mempesona.

Namun cinta dari Datu Museng kepada Maipa Deapati menjadi sebuah cinta yang terlarang karena Maipa Deapati telah ditunangkan dengan seorang pangeran dari Selaparang Lombok bernama Pangeran Mangalasa.

Halaman
123
Editor: Muh. Irham
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved