Breaking News:

Tribun Luwu Utara

Menko PMK Tinjau Program Tetta Siaga di Desa Bontomarannu Takalar

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia (Menko PMK), Muhadjir Effendi melakukan kunjungan kerja di Desa Bontomarannu

ist
Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia (Menko PMK), Muhadjir Effendi melakukan kunjungan kerja di Desa Bontomarannu Kecamatan Galesong Utara, Kabupaten Takalar, Senin (10/6/2021). 

TRIBUN-TIMUR.COM, TAKALAR - Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia (Menko PMK), Muhajir Effendi melakukan kunjungan kerja di Desa Bontomarannu Kecamatan Galesong Utara, Kabupaten Takalar, Senin (10/6/2021).

Menko PMK Muhadjir Efendi mengecek program ayah siaga atau tetta sianga di Desa Bontomarannu Takalar.

Menko PMK Muhadjir Efendi mengapresiasi program ayah siaga atau tetta siaga. 

"Ayah siaga atau tetta siaga ini sangat bagus sekali bisa didestiminasi, ini bisa jadi percontohan di desa lainya," kata Muhadjir.

Program tetta siaga ini, bisa melatih para ayah untuk mempersiapkan istrinya dan mensukseskan kehamilan hingga proses persalinan dan perawatan balitanya. 

"Untuk ambulance laut tadi sudah dijanjikan oleh kepala BKKBN jadi ada anggaran untuk bisa dialokasikan untuk itu," bebernya. 

Ambulance yang dikeluhkan warga pulau itu juga akan koordinasikan dengan Menkes. 

"Saya akan berbicara dengan Menkes siapa tahu ada bantua dari pusat. Tapi itu adalah wewenang dinas Kesehatan provinsi mestinya memikirkan untuk wilayah terdiri dari pulau-pulau seperti di Sulsel," ujarnya. 

"Harus memang ada poli klinik apung atau perahu rumah sakit keliling yang bertugas untuk memberikan pelayanan minimal pelayanan kesehatan dasar dimasing-masing pulau yang ada, terutama pulau yang terpencil yang jauh dari pusat fasilitas kesehatan," sambungnya. 

Sementara, Kepala Seksi Kesehatan Keluarga dan Gizi Masyarkat Dinkes Takalar,  Asmini Yuddin menuturkan, bahwa tetta siaga ini diadopsi dari negeri Jepang. 

Halaman
12
Penulis: Sayyid Zulfadli Saleh Wahab
Editor: Sudirman
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved