Breaking News:

Tribun Makassar

Kantor Imigrasi Kelas I Makassar Sosialisasi Aplikasi Pelaporan Orang Asing dan Eazy Passport

Kantor Imigrasi Kelas I Makassar Sosialisasi Aplikasi Pelaporan Orang Asing dan Eazy Passport

TRIBUN-TIMUR.COM/MUH ABDIWAN
Kantor Imigrasi Kelas I Makassar (Kanim Kelas I Makassar) melaksanakan kegiatan sosialisasi aplikasi Aplikasi Pelaporan Orang Asing (APOA) di Hotel Dalton, Jl Perintis Kemerdekaan, Makassar, Selasa (8/6/2021). 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Kantor Imigrasi Kelas I Makassar (Kanim Kelas I Makassar) melaksanakan kegiatan sosialisasi aplikasi Aplikasi Pelaporan Orang Asing (APOA) di Hotel Dalton, Jl Perintis Kemerdekaan, Makassar, Selasa (8/6/2021).

Kegiatan dihadiri oleh masing-masing perwakilan dari hotel, penginapan dan perusahaan yang memiliki mess serta tempat penginapan lainnya di wilayah kerja Kanim Kelas I Makassar serta perwakilan dari pengurus pengajian dan komunitas yang sering kedatangan tamu WNA.

Sosialisasi Aplikasi Pelaporan Orang Asing (APOA) versi 2 dilaksanakan untuk memudahkan pejabat/petugas, stakeholder lainnya dalam melakukan pelaporan orang asing.

Serta tersedianya data orang asing di wilayah Indonesia sesuai dengan izin masuk, visa, izin tinggal, dan pergerakannya.

Selain sosialisasi terkait APOA, Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Sulsel, Dodi Karnida juga mensosialisasikan program Eazy Passport.

Layanan Eazy Passport merujuk dari Surat Edaran Plh. Direktur Jenderal Imigrasi Nomor : IMI-1060.GR.01.01 Tahun 2020 tentang Layanan Eazy Passport serta Surat Edaran (SE) Dirjen Imigrasi Nomor IMI-GR.01.01-0946 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Tugas dan Fungsi Keimigrasian Dalam Masa Tatanan Normal Baru.

Dalam paparannya, Dodi Karnida menyatakan bahwa banyak kemudahan yang dapat diperoleh masyarakat melalui Layanan Eazy Passport.

Dengan layanan ini, kelompok masyarakat bisa mengajukan permohonan paspor secara kolektif untuk perkantoran pemerintah/TNI/Polri/BU MN/BUMD/swasta, warga perumahan dan komunitas atau organisasi cukup dengan mengajukan permohonan ke Kepala Kantor Imigrasi Kelas I. 

Jika semua persyaratan sudah terpenuhi petugas akan mendatangi pemohon di lokasi dan jadwal yang telah ditentukan.

Layanan Eazy Passport hanya melayani permohonan paspor baru dan penggantian paspor habis masa berlaku dan halaman penuh.

Sedangkan pelayanan penggantian paspor karena hilang atau rusak diarahkan untuk datang langsung ke Kantor Imigrasi guna mengikuti prosedur pemeriksaan.(*)

Penulis: Muh. Abdiwan
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved