Breaking News:

Kesuburan

5 Tanda-tanda Seorang Wanita Sedang Masa Subur, Berpeluang Hamil

Masa subur adalah, masa ketika indung telur (ovarium) melepaskan sel telur yang siap dibuahi oleh sperma.

int
Ilustrasi masa subur 

TRIBUNTIMUR.COM - Setiap wanita yang telah dewasa akan mengalami masa subur. Masa subur adalah, masa ketika indung telur (ovarium) melepaskan sel telur yang siap dibuahi oleh sperma.

Selain untuk merencanakan kehamilan, mengenali ciri masa subur juga dapat dimanfaatkan untuk memahami siklus menstruasi dan memerhatikan ada tidaknya gangguan kesuburan.

Ciri masa subur pada setiap wanita berbeda-beda. Sebagian wanita bahkan tidak merasakan ciri-ciri tersebut.

Waktu masa subur juga berbeda-beda pada setiap wanita. Ada yang mengalami masa subur tepat di tanggal tertentu, ada juga yang mengalami perubahan tanggal masa subur setiap bulannya.

Wanita usia produktif umumnya memiliki siklus haid sekitar 28–32 hari dengan masa subur sekitar 12–16 hari sebelum masa haid berikutnya.

Berikut ini adalah ciri-ciri masa subur yang dapat Anda perhatikan:

1. Perubahan suhu basal tubuh

Suhu basal tubuh adalah suhu saat tubuh istirahat atau suhu paling rendah dalam satu hari. Suhu basal tubuh biasanya diukur saat baru bangun tidur.

Umumnya, suhu basal tubuh akan konsisten pada awal siklus menstruasi. Namun, saat mendekati masa subur atau ovulasi, suhu tubuh mungkin akan sedikit menurun, kemudian meningkat saat ovulasi. Perubahan ini terjadi karena hormon estrogen yang meningkat saat ovulasi.

Suhu tubuh basal sebelum ovulasi berkisar antara 36,1–36,4ºC. Peningkatan suhu basal tubuh pada ovulasi biasanya sekitar 0,4–1 derajat atau antara 36,4–37ºC.

Halaman
123
Editor: Muh. Irham
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved