Breaking News:

Tribun Opini

Tahun Kedua Covid-19, Kapan Berakhirnya?

Trend curva epidemic Indonesia cenderung berbentuk lonceng piramida sempurna.

Editor: Imam Wahyudi
Dok Pribadi Ridwan Amiruddin
Ketua Tim Konsultan Satgas Penanganan Covid-19 Prof Ridwan Amiruddin 

Oleh Ridwan Amiruddin

-Ketua Perhimpunan Ahli Epidemiologi Indonesia Sulsel.

-Ketua tim ahli pengendalian covid Sulsel

-Ketum Persakmi Indonesia

MEMASUKI tahun  kedua  covid 19 dengan kasus global sudah mencapai  170 juta dan kasus nasional sekitar 1.8 juta data tercatat, tentu jumlah itu jauh lebih besar dari yang sesungguhnya hingga 2-3 kali lipat. Begitu juga angka kematiann globalnya yang sudah bertengger di angka 3,5 juta dan nasional sekira 49 ribu kematian.

Bagaimana trend covid-19 kedepan

Secara global covid-19 memasuki gelombang ke dua dan ke tiga di berbagai kawasan regional WHO. Sementara Indonesia bergerak melandaikan curva pertamya. Dengan berbagai agenda nasionalnya. Mulai dari PSBB, PPKM Mikro, hingga Vaksinasi nasional covid-19.

Trend curva epidemic Indonesia cenderung berbentuk lonceng piramida sempurna. Artinya, bila tidak ada upaya ekstra dari pemerintah , maka upaya mitigasi  akan berjalan lebih lama dan terseok seok dibawah bayang bayang perbaikan ekonomi.

Apa tantangan mitigasi covid-19 di Indonesia?

Dalam perspectiv social determinant of health termasuk dari sosial behaviour masyarakat  Indonesia yang majemuk dengan ribuan etnik, wilayah yang luas serta faktor ekologi alam yang beragam. Menempatkan Indonesia dengan berbagai keragamannya dalam pendekatan yang lebih variatif. Jadi Indonesia tidak memerlukan dosis tunggal pertamya. Dengan berbagai agenda nasionalnya. Mulai dari PSBB, PPKM Mikro, hingga Vaksinasi nasional covid-19.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved