Breaking News:

Idulfitri 1442 H

Libur Lebaran, Pengelola Wisata Sinjai Dilarang Terima Wisatawan Luar

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Sinjai menyampaikan, pengelola objek wisata hanya menerima wisata lokal.

Editor: Suryana Anas
TRIBUN-TIMUR.COM/SYAMSUL BAHRI
Kolam Renang Fams Ceria di Kecamatan Sinjai Selatan disesaki pengunjung sebelum bulan Ramadan 

TRIBUNSINJAI.COM, SINJAI UTARA - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan menyampaikan bahwa khusus liburan pasca lebaran Idulfitri tahun ini pengelola objek wisata hanya menerima wisata lokal.

Pelaku wisata lokal adalah hanya masyarakat lokal Kabupaten Sinjai.

Sedang masyarakat luar Kabupaten Sinjai tidak diperbolehkan untuk masuk di objek wisata di Kabupaten Sinjai.

"Jadi khusus liburan lebaran kali ini hanya diperkenankan masuk adalah wisata lokal. Jadi kami tidak menerima pelaku wisata luar Sinjai, seperti dari Makassar atau dari daerah luar lainnya," kata Kepala Dinas Pariwisata dan kebudayaan Sinjai, Yuhadi Samad, Rabu (12/5/2021).

Aturan itu sudah dikeluarkan oleh Bupati Sinjai Andi Seto Asapa yang ditujukan kepada seluruh pengelola objek wisata yang ada di Kabupaten Sinjai.

Larangan tersebut mulai berlaku 13 Mei-17 Mei 2021.

Selain tidak mengizinkan pengelola menerima wisatawan luar Sinjai, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Sinjai juga tidak mengizinkan membuka objek wisata yang ada airnya.

Seperti objek wisata yang memiliki kolam, air pantai dan air terjun.

"Pengelola objek wisata boleh buka tapi yang ada wahana airnya tidak boleh dioperasikan," kata Yuhadi Samad.

Seperti Pantai Mallenreng di Kecamatan Sinjai Timur. Objek wisata itu diperbolehkan dibuka tetapi pengelola diminta untuk tidak memperkenangkan pengunjung menikmati atau mandi di air laut di objek itu.

Demikian juga di kampung galung, masyarakat boleh berkunjung ke objek itu. Namun tidak diperbolehkan mereka menikmati air kolam renang, jelas Yuhadi.

Selain larangan itu bagi pengunjung wisata non lokal, juga jumlah pengunjung hanya 50 persen dari total kapasitas dan dibuka mulai pukul 08.00 Wita-17.00 Wita.

Tujuannya agar virus pandemi bisa terputus melalui pembatasan aktivitas di objek air atau membatasi pengunjujung dan melarang wisata luar Sinjai. (*)

Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved