Breaking News:

Idulfitri 1442 H

Bukan Hanya An-Nazir di Gowa yang Sudah Laksanakan Salat Ied Hari Ini, di Bone Juga Ada

Kemudian diperkuat dengan berbagai macam pertanda alam yang telah diperhatikan sejak beberapa bulan sebelumnya.

TRIBUN TIMUR/KASWADI
Suasana usai Jemaah Latiful Akbar di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan (Sulsel) menggelar salat idulfitri 1442 Hijriah/2021 Masehi di Kelurahan Bajoe, Kecamatan Tanete Riattang Timur, Rabu (12/5/2021). 

TRIBUNBONE.COM, TANETE RIATTANG TIMUR - Jemaah Latiful Akbar di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan (Sulsel), telah melaksanakan salat Idulfitri 1442  Hijriah/2021 Masehi di Kelurahan Bajoe, Kecamatan Tanete Riattang Timur, Rabu (12/5/2021).

Salat idulfitri dilakukan sehari lebih awal dari yang ditetapkan oleh pemerintah yakni 1 Syawal 1442 Hijriah jatuh pada Kamis (13/5/2021).

Puluhan jemaah Latiful Akbar mengikuti salat idulfitri dengan khidmat. Imam salat yakni Ustaz Afrizal. Setelah salat Idulfitri dilanjutkan dengan khutbah.

Pimpinan pondok Latiful Akbar Bone, Afrizal mengatakan penentuan awal puasa bersamaan dengan pemerintah pada Selasa (13/4/2021).

Namun, untuk pelaksanaan salat idulfitri berbeda dengan ditetapkan pemerintah. Hal ini dilandasi berbagai perhitungan atau rukyat.

Kemudian diperkuat dengan berbagai macam pertanda alam yang telah diperhatikan sejak beberapa bulan sebelumnya.

"Kalau tahun 2021 ini, penetapan awal ramadan kemarin kebetulan kami sama dengan pemerintah, yaitu pada hari Selasa," katanya.

"Cuma dalam ilmu hilal yang kami diajarkan oleh imam, berdasarkan pemantauan dari beberapa bulan sebelumnya hingga diakhir pemantauan ketika masuk purnama dan selesai purnama, di situ kami melihat bulan umur 29 hari untuk ramadan tahun ini," tambahnya.

Dari hasil pantauan yang berasal dari berbagai daerah disampaikan ke pusat. Maka jatuhlah 1 Syawal 1442 Hijriah hari ini. Semalam, telah selesaikan 29 hari puasa ramadan.

Afrizal menekankan, perbedaan keyakinan dalam penentuan hari raya idulfitri jangan dijadikan alasan untuk terjadinya perpecahan.

Halaman
123
Penulis: Kaswadi Anwar
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved