Breaking News:

Tribun Bantaeng

Profil Imam Masjid Agung Syekh Abdul Gani Bantaeng, Hafalan Alquran 30 Juz

Masjid Agung Syekh Abdul Gani adalah salah satu masjid yang banyak didatangi jamaah di Kabupaten Bantaeng.

ist
Imam tetap Masjid Agung Syekh Abdul Gani Bantaeng, Kiai Muda (KM) Sudirman Sappara 

TRIBUNBANTAENG.COM, BANTAENG - Masjid Agung Syekh Abdul Gani adalah salah satu masjid yang banyak didatangi jamaah di Kabupaten Bantaeng.

Tak hanya bangunannya yang megah, masjid Agung juga memiliki imam masjid seorang hafiz yang menghafal Alquran 30 juz.

Dia adalah Kiai Muda (KM) Sudirman Sappara. Ia sangat fasih melantunkan ayat suci Alquran dan melafaskan dengan sangat merdu.

Sejak kecil dia sudah senang belajar agama dan setelah lulus Sekolah Dasar (SD) di tanah kelahirannya di Desa Ulugalung, Kecamatan Eremerasa dia lanjut sekolah pesantren.

Sudirman, melanjutkan sekolahnya di As'Adiyah Ereng-Ereng mulai tingkat Tsanawiyah tamat tahun 1996 dan tingkat Aliyah tamat 1999.

"Tamat SD Inpres Bonto Bonto, Desa Ulugalung, Kecamatan Eremerasa tahun 1993. Kemudian, lanjut Tsanawiyah di As'Adiyah Ereng-Ereng lulus 96, dan lanjut Aliyah tamat 1999," kata Sudirman kepada TribunBantaeng.com, Minggu, (9/4/2021).

Setelah itu dia melanjutkan kuliahnya di pondok pesantren As'Adiyah Sengkang. Pada tingkat itulah dia mulai menghafal Alquran.

Ayat demi ayat dihafal tanpa pendampingan khusus oleh seorang pembina. dia menghafal hanya dengan caranya sendiri atau otodidak.

Hanya bermodalkan niat yang kuat dari dalam dirinya, dia mulia menghafal saat berada dibangku perkuliahan.

Menurutnya, dorongan yang kuat untuk menghafal hanya mengharapkan ridho Allah. Sebab, dijaminkan pahala setiap huruf yang dilafalkan.

Halaman
123
Penulis: Achmad Nasution
Editor: Sudirman
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved