Breaking News:

Tribun Gowa

TPID Gowa Pantau Harga Kebutuhan Pokok Jelang Idulfitri

ketersediaan kebutuhan pokok di Kabupaten Gowa juga dipastikan aman jelang bahkan hingga selesai lebaran Idul Fitri.

TRIBUN TIMUR/SAYYID
Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Gowa melakukan pemantauan ketersediaan dan harga kebutuhan pokok di sejumlah pasar dan supermarket di wilayah Kabupaten Gowa, Kamis (6/5/2021). 

TRIBUN-TIMUR.COM, GOWA - Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Gowa melakukan pemantauan ketersediaan dan harga kebutuhan pokok di sejumlah pasar dan supermarket di wilayah Kabupaten Gowa, Kamis (6/5/2021).

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Gowa, Andi Sura Suaib menyebut bahwa dari hasil pemantauan harga dan ketersediaan kebutuhan pokok di Kabupaten Gowa menjelang Idul Fitri  masih terkendali dan aman.

Menurut Andi Sura ada kebutuhan pokok yang mengalami penurunan harga yang cukup signifikan yaitu cabe. 

Meski demikian kebutuhan yang mengalami kenaikan tapi masih batas wajar, yaitu ayam potong.

"Alhamdulillah untuk sembilan kebutuhan pokok masih terkendali, artinya kalau ada kenaikan dia pada posisi normal. Sementara cabai satu minggu ini mulai turun," ujarnya.

Selain harga, ketersediaan kebutuhan pokok di Kabupaten Gowa juga dipastikan aman jelang bahkan hingga selesai lebaran Idul Fitri.

Ketersediaan kebutuhan pokok ini dipastikan aman hingga 10 hari setelah Idul Fitri.

"Dari pemantauan kami di dua pasar yang menjadi sampel ini (Pasar Induk Minasa Maupa dan Pasar Sentral Sungguminasa) kebutuhan pokok sampai Idul Fitri Insya Allah aman," tandasnya.

Kepala Bagian Ekonomi Sekretariat Daerah Kabupaten Gowa Selaku Ketua TPID Kabupaten Gowa, Akbar Muin menyebutkan pemantauan kali ini terdiri 3 tim.

Tiga tim itu melibatkan Dinas Perdagangan dan Perindustrian, Dinas Keperasi dan UMKM, Dinas Peternakan, Dinas Perikanan, Satpol PP dan Kodim.

"Ada tim yang memantau di pasar Sungguminasa dan Pasar Bu'rung-Bu'rung Pattallassang dan ada satu tim yang memantau di supermarket untuk melihat-barang yang beredar apakan kadaluarsa atau tidak," ujarnya.

Dia menambahkan TPID Kabupaten Gowa akan terus melakukan pemantauan terhadap stok dan harga kebutuhan pokok khususnya menjelang Hari Raya Idul Fitri ini.

"Kalau ada kenaikan harga, TPID akan turun lagi untuk mengkoordinasikan SKPD Teknis seandainya ada kenaikan harga di atas 20 persen karena ini tugas TPID," ujarnya.

Turut hadir Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Gowa, Andy Azis Peter, perwakilan Dinas Peternakan, Dinas Perikanan, Satpol PP dan Kodim.

Penulis: Sayyid Zulfadli Saleh Wahab
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved