Breaking News:

KPK

Novel Baswedan dan 74 Pegawai KPK Tak Lolos TWK, Wakil Ketua KPK: Libatkan BIN dan BNPT

Ada 75 pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK ) tak lolos tes wawasan kebangsaan (TWK), Nurul Ghufron akui libatkan BIN dan BNPT.

handover
Wakil Ketua KPK RI, Wakil Ketua KPK, Nurul Ghufron saat mengumumkan hasil TWK di Gedung Merah Putih KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (5/5/2021). 

TRIBUN-TIMUR.COM- Sebanyak 75 orang pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK ) tak lolos tes wawasan kebangsaan (TWK).

Ternyata, dalam tes TWK, KPK melibatkan Badan Intelijen Negara (BIN) hingga Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).

Wakil Ketua KPK, Nurul Ghufron saat mengumumkan hasil TWK di Gedung Merah Putih KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (5/5).

Ghufron mengatakan, TWK pegawai KPK dilakukan berdasarkan UU 19/2019 tentang KPK, dan Peraturan Pemerintah (PP) 4/2020 tentang pengalihan pegawai KPK menjadi pegawai ASN serta Peraturan KPK 1/2021 tentang tata cara pengalihan pegawai KPK menjadi pegawai ASN.

Pihak KPK memastikan tidak melakukan pemberhentian terhadap 75 pegawai KPK yang tidak lolos dalam Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) yang menjadi penilaian untuk menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN).

Baca juga: Berkas Perkara Agung Sucipto Dilimpahkan ke Tipikor Makassar, KPK: Tunggu Pununjukan Majelis Hakim

Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron menjelaskan, KPK akan berkoordinasi dengan Kemenpan RB dan Badan Kepegawaian Nasional (BKN) terkait tindak lanjut terhadap 75 pegawai yang dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS).

Ghufron juga menegaskan, sampai saat ini KPK tidak pernah menyatakan melakukan pemecatan terhadap pegawai yang dinyatakan TMS sampai dengan keputusan lebih lanjut sesuai dengan perundang-undangan terkait ASN. 

 “Selama belum ada penjelasan dari KemenPAN RB dan BKN, KPK tidak akan memberhentikan 75 pegawai yang dinyatakan TMS,” ujar Ghufron saat jumpa pers di gedung KPK, Rabu (5/5/2021).

Ghufron menjelaskan, TWK yang digelar sebagai bagian dari alih status kepegawaian menjadi ASN oleh BKN diikuti 1.351 pegawai KPK.

Hasilnya, yang memenuhi syarat dan lolos TWK diketahui 1.274 orang.

Baca juga: Benarkah Penyidik KPK yang Tangani Kasus Harun Masiku Politisi PDIP Terdepak? Ini Kata Ketua KPK

Editor: Muh Hasim Arfah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved