Breaking News:

Haji Isam

Maret Lalu, KPK Geledah Kantor Haji Isam, Namun Barang Bukti Diduga Telah Dihilangkan

Perusahaan yang terletak di Kalimantan Selatan tersebut digeledah terkait perkara dugaan suap Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen Pajak) Kemenkeu

Editor: Muh. Irham
KOMPAS.COM
Ilustrasi KPK 

TRIBUNTIMUR.COM - Medio Maret 2021 lalu, tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggeledah kantor PT Jhonlin Baratama (JB) milik pengusaha asal Batulicin, Samsudin Andi Arsyad alias Haji Isam.

Perusahaan yang terletak di Kalimantan Selatan tersebut digeledah terkait perkara dugaan suap Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen Pajak) Kementerian Keuangan.

Pelaksana Tugas (Plt) Juru Bicara KPK, Ali Fikri mengatakan, penggeledahan tersebut terkait dugaan TPK penerimaan hadiah atau janji untuk pemeriksaan perpajakan tahun 2016 dan 2017 pada Direktorat Jenderal Pajak.

Ali mengatakan lokasi penggeledahan bertempat di kantor PT JB (Jhonlin Baratama) di Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan. Selain itu, ada 3 rumah yang digeledah penyidik KPK.

Adapun lokasi dimaksud bertempat di kantor PT JB (Jhonlin Baratama) di Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Tanah Bumbu Kalimantan Selatan, dan juga 3 rumah kediaman dari pihak-pihak yang terkait dengan perkara ini yang berada di Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan.

Dari pemeriksaan itu, KPK menemukan beberapa dokumen dan barang elektronik yang diduga berhubungan dengan perkara ini.

Ali menyebut dokumen tersebut akan diverifikasi terlebih dahulu. Lalu dokumen tersebut dilakukan penyitaan guna melengkapi berkas perkara penyidikan.

Belakangan, KPK menyebutkan bahwa setelah melakukan verifikasi, KPK tidak menemukan bukti yang dicari karena diduga telah sengaja dihilangkan.

Ali mengingatkan kepada pihak-pihak yang dengan sengaja mencegah, merintangi, atau mengagalkan penyidikan dapat diancam pidana.

"Sebagaimana ketentuan Pasal 21 UU Tipikor," kata Ali.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved