Breaking News:

Tribun Sulsel

Andi Sudirman Sulaiman Dorong Sulsel Jadi Hub KTI

Plt Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman menekankan untuk mendukung upaya Sulawesi Selatan (Sulsel) menjadi hub.

Humas Pemprov Sulsel
Plt Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Plt Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman menekankan untuk mendukung upaya Sulawesi Selatan (Sulsel) menjadi hub.

Alias tempat yang di dalamnya terjadi aktivitas transit barang atau persinggahan barang di wilayah Indonesia Timur.

Apalagi Sulsel memiliki pelabuhan yang besar di Makassar New Port (MNP) serta bandara besar yang saat ini tengah dalam pengembangan Bandara Internasional Sultan Hasanuddin.

Andi Sudirman mengatakan, dirinya baru saja melakukan perjanjian kerjasama (PKS) bersama PT Pelindo 4 dan Pemkab Jeneponto.

Penandatanganan terkait rencana pembangunan lokasi pergudangan untuk Pelabuhan Daratan atau Dry Port yang akan menjadi hub untuk wilayah Selatan di Sulsel.

"Nantinya setiap truk barang dari wilayah selatan, misalnya dari Bantaeng, Bulukumba, Sinjai, Takalar yang akan bergerak menuju MNP (Makassar New Port) cukup ke Dry Port Jeneponto," katanya.

"Di sana akan hadir perwakilan kontainer untuk pengiriman barang serta terintegrasi online ke MNP sehingga hal ini mengurai macetnya arus masuk kota," jelasnya.

Dengan menjadikan Jeneponto sebagai Dry Port hub Selatan, lanjut dia, akan lahir pertumbuhan ekonomi baru.

"Dan tentunya usaha turunan bahkan akan memunculkan eksportir baru sehingga akan menambah taraf kesejahteraan masyarakat sekitar," ujarnya.

Lanjut Andi Sudirman, apalagi Sulawesi Selatan dikenal akan kekayaan alam pada pertanian, bahkan perikanan. Yang bisa menjadi pertumbuhan ekonomi baru untuk masyarakat.

"Dengan kehadiran MNP, kapal besar bisa masuk. Saat ini kapal 300 meter sudah bisa bersandar," katanya.

"Nantinya bisa sandar kapal sampai 400 meter. Dengan begini, kita perlu manfaatkan fungsi MNP, untuk menjadikan Sulsel sebagai hub," jelasnya.(*)

Penulis: Muhammad Fadhly Ali
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved