Breaking News:

5 FAKTA Kabar Novel Baswedan Dipecat dari KPK, Disebut Tak Lulus Tes Jadi ASN

5 FAKTA Kabar Novel Baswedan Dipecat dari KPK, Disebut Tak Lulus Tes Jadi ASN

Tribunnews
Novel baswedan 03072020 

TRIBUN-TIMUR.COM - Saat ini santer dikabarkan Ketua Satuan Tugas (Kasatgas) KPK Novel Baswedan dipecat.

Dikabarkan, Novel Baswedan tidak lulus tes wawasan kebangsaan yang merupakan bagian dari test ASN (Aparatur Sipil Negara).

Berikut faktanya

1. Apa Itu Tes Wawasan Kebangsaan?

Tes Wawasan Kebangsaan menjadi bagian dari proses alih status pegawai KPK menjadi aparatur sipil negara (ASN). Tujuan dari tes itu, untuk mengetahui integritas berbangsa dan konsistensi perilaku pegawai apakah sesuai dengan nilai, norma, etika organisasi dalam berbangsa dan bernegara.

Selain itu untuk menilai netralitas ASN terkait ketidakberpihakan pegawai pada segala bentuk pengaruh manapun dan pihak siapapun.

Proses ini menindaklanjuti hasil revisi atas Undang Undang tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, yakni pegawai KPK adalah ASN.

Ketentuan ini dituangkan di Pasal 1 ayat (6) Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2019 tentang Perubahan Kedua atas Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Selain dasar UU yang direvisi, proses peralihan status kepegawaian ini juga didasari oleh Peraturan Pemerintah Nomor 41 Tahun 2020 tentang Pengalihan Pegawai KPK menjadi ASN.

Terkait hal ini, diketahui puluah pegawai KPK berpotensi tidak lolos tes wawasan kebangsaan tersebut.

Halaman
123
Editor: Ina Maharani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved