Breaking News:

Tribun Kampus

33 Alumni FK Unibos Ikut Kepaniteraan Umum Program Profesi Dokter

33 Alumni FK Unibos Ikut Kepaniteraan Umum Program Profesi Dokter Periode I Tahun Akademik 2020/2021.

FK Unibos
Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Bosowa (Unibos) gelar Kepaniteraan umum program profesi dokter Periode I Tahun Akademik 2020/2021. 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Bosowa (Unibos) menggelar Kepaniteraan umum program profesi dokter Periode I Tahun Akademik 2020/2021.

Sebanyak 33 Alumni FK Unibos mengikuti kegiatan kepaniteraan umum ini yang dilaksanakan secara daring dan luring selama dua pekan mulai 19-30 April.

Kegiatan tersebut berlangsung di Rumah Sakit Umum Daerah Labuang Baji, Makassar.

Kegiatan pembekalan awal ini dalam rangka mempersiapkan alumni FK Unibos sebelum masuk ke rumah sakit/puskesmas.

Gelaran ini diharapkan dapat mempertajam pemahamam dasar tentang aspek etik dan medikolegal, tentang prinsip universal precaution dan patient savety.

Serta pemahaman tentang tahap-tahap untuk menentukan diagnosis dan tatalaksana yang tepat dan rasional.

Adapun tahapnya termasuk di Bagian Bedah, Bagian Penyakit Dalam, Bagian Penyakit Anak dan Bagian Kebidanan dan Penyakit Kandungan , Bagian Mata, Bagian THT, Bagian Saraf dan Bagian Kulit.

Pelaksanaan kepaniteraan ini dihadiri oleh Wakil Rektor 1 Unibos Baharuddin, Sekretaris Unibos Hadijah Mahyuddin, Direktur RSUD Labuang Baji drg Abd Haris Nawawi.

Wakil Direktur dr H Darwis Makka, Ketua Komkordik RSUD Labuang Baji dr Trining Dyah, dan sivitas akademika Fakultas kedokteran Unibos.

dr Indira Pratiwi selaku penanggung jawab kepaniteraan menjelaskan kepaniteraan ini merupakan persiapan untuk profesi dokter untuk alumni FK Unibos.

"Tujuan kegiatan ini agar merefresh materi-materi untuk adik-adik dan mempersiapkan mereka untuk langsung turun ke rumah sakit, harapannya Ketika telah dirumah sakit mereka lebih siap untuk menghadapi pasien,” Jelas dr Indira saat di konfirmasi Senin (3/5/2021).

Direktur RSUD Labuang Baji drg Abd Haris Nawawi pada sambutannya juga memberikan pesan kepada seluruh mahasiswa yang akan melakasanakan koas di RSUD Labuang Baji agar mempersiapkan diri mulai fisik dan mental.

Sebab mereka akan menghadapi pasien yang cukup banyak dari berbagai kalangan dan latar belakang yang berbeda-beda.

"Kalian telah meninggalkan dunia akademik sekarang anda akan berhadapan dengan pasien yang banyak dari latar belakang berbeda, kalian harus sabar untuk menghadapinya karena kita harus melayani pasien dengan baik," ujarnya.

"Maka dari itu mulai dari sekarang kalian harus mempersiapkan mental dan fisik sebagus mungkin untuk menghadapi pasien di rumah sakit," pesannya.(*)

Penulis: Dian Amelia
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved