Breaking News:

Imigrasi Polman

Imigrasi Polewali Mandar Lakukan Operasi Gabungan Periksa Orang Asing

Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Polewali Mandar menggelar operasi gabungan bersama Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) Kabupaten Polewali Mandar

Imigrasi Polman
Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Polewali Mandar menggelar operasi gabungan bersama Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) Kabupaten Polewali Mandar pada hari Rabu tanggal 28 April 2021. 

TRIBUN-TIMUR.COM, POLEWALI MANDAR - Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Polewali Mandar menggelar operasi gabungan bersama Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) Kabupaten Polewali Mandar pada hari Rabu tanggal 28 April 2021.

Operasi gabungan ini melibatkan perwakilan TNI, Kepolisian, Dinas Ketenagakerjaan dan ESDM, Kesbangpol, BAIS, Kejaksaan Negeri, serta Seksi Intelijen dan Penindakan Keimigrasian Kantor Imigrasi Polewali Mandar.

Pengawasan oleh Timpora ini dilakukan terhadap 4 (empat) orang WNA berkebangsaan Tiongkok yang bekerja sebagai tenaga ahli di PT. Kencana Hijau Binalestari.

Pengawasan dilakukan dengan melakukan pengecekan keabsahan dokumen keimigrasian, dokumen ketenagakerjaan, kesesuaian antara dokumen yang dimiliki dan kegiatan yang dilakukan oleh Orang Asing di wilayah Kabupaten Polewali Mandar.

Selain itu, pengecekan dilakukan sesuai dengan kewenangan dari masing-masing instansi anggota Timpora.

"Diharapkan semua anggota Timpora yang berada disini dapat bersama-sama melakukan pengawasan serta pengecekan kegiatan yang dilakukan oleh Tenaga Kerja Asing tersebut selama berada di Wilayah Indonesia dan melakukan pengecekan dokumen sesuai dengan kewenangan dari masing-masing instansi," ucap Kepala Kantor Imigrasi Polewali Mandar Erybowo Radyan Asmono saat melakukan briefing pelaksanaan operasi gabungan.

Dalam operasi gabungan tersebut, hasilnya tidak ditemukan pelanggaran yang dilakukan oleh Orang Asing.

Kepala Seksi Intelijen dan Penindakan Keimigrasian Kantor Imigrasi Polewali Mandar Syoni Nurwenda mengatakan, target operasi cukup kooperatif terhadap petugas.

"Hasil operasi gabungan Timpora tidak ditemukan pelanggaran, baik dalam dokumen dan kegiatan Orang Asing. Semua target bekerjasama dengan baik dengan petugas," ujar Syoni.

Pengawasan terhadap Orang Asing yang berada di wilayah Indonesia menjadi salah satu tanggung jawab dari Kantor Imigrasi.

Pengawasan ini dapat dilakukan oleh Kantor Imigrasi dan instansi yang mempunyai tugas dan fungsi terkait dengan keberadaan dan kegiatan Orang Asing yang tergabung dalam Timpora sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Hukum dan HAM RI Nomor 50 Tahun 2016 tentang Tim Pengawasan Orang Asing. (*)
 

Editor: Suryana Anas
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved