Breaking News:

UIN Alauddin

Prodi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) PPs UIN Alauddin Kini Terakreditasi A

Program Studi (Prodi) Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Program Pascasarjana (PPs) UIN Alauddin Makassar berhasil meraih Akreditasi A.

Dok Pribadi
Ketua Prodi MPI PPs UIN Alauddin, Erwin Hafid 

TRIBUN-TIMUR.COM,MAKASSAR - Program Studi (Prodi) Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Program Pascasarjana (PPs) UIN Alauddin Makassar berhasil meraih Akreditasi A.

Hal itu disampaikan Ketua Prodi MPI PPs UIN Alauddin, Erwin Hafid, saat dihubungi via Watshaap,Senin (25/4/2021).

"Alhamdulillah apa yang telah kami laksanakan selama ini dianggap sudah sesuai dengan harapan atau idealnya karenanya kami dianggap layak mendapatkan nilai A," ujarnya.

Dirinya memaparkan pencapaian itu berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Nomor 2293/SK/BAN-PT/Akred/M/IV/2021 di Jakarta pada 20 April 2021.

Akreditasi itu berlaku sejak  20 April 2021 sampai dengan 11  Januari  2026.

Lebih lanjut, Ia menjelaskan aspek yang menjadi evaluasi asesor saat visitasi yakni berkenaan dengan visi misi prodi, proses pembelajaran, mahasiswa dan alumni, aspek keuangan, kegiatan Penelitian dan pengabdian.

"Aspek inilah semua yang telah kami laksanakan dalam tiga sampai lima tahun terakhir dinilai," paparnya.

Selain itu, Erwin berharap capaian akreditasi A tersebut bisa ditingkatkan lebih baik, minimal bisa sejajar pada prodi unggul dalam skala Asean.

"Kalau bisa kami berpesan juga pada pimpinan prodi yang lain untuk bisa melakukan asesmen internal setiap semester atau satu tahun, agar persiapan akreditasi jangan dilakukan tiba masa tiba akal," jelasnya.

Diketahui Program Studi MPI ini, merupakan program studi yang sangat prestisius dan prospektif, dalam konteks pengembangan dan peningkatan mutu manajemen lembaga-lembaga pendidikan Islam.

Tak hanya itu, program studi ini juga merupakan program studi yang telah lama dinantikan oleh stakeholders dan user.

Eksistensi Program Studi MPI ini didasari atas pemikiran dan fakta tentang perlunya lembaga-lembaga pendidikan Islam dikelola secara mutum, agar lembaga-lembaga pendidikan Islam dikelola secara bermutu diperlukan adanya manajer pendidikan Islam.

 Atas pertimbangan kondisi tersebut, LPTK perlu membuka Jurusan MPI yang akan menyiapkan lulusannya menjadi manajer-manajer pendidikan Islam yang bermutu. (*)

Penulis: Dian Amelia
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved