Breaking News:

Hari Kartini

Mariana Kartini Tangguh Asal Mamasa, Keliling Kota Jualan Sayur Demi Hidupi Keluarga

Mariana, Kartini tangguh asal Mamasa, keliling kota jualan sayur demi hidupi keluarga. Mariana adalah warga Lingkungan Tondok Ampo, Kelurahan Tawalian

TRIBUN-TIMUR.COM/SEMUEL MESAKARAENG
Ibu Mariana saat hendak berkeliling menjual sayur dagangannya. Maiana, Kartini Tangguh Asala Mamasa, Keliling Kota Jualan Sayur Demi Hidupi Keluarganya 

TRIBUNMAMASA.COM, TAWALIAN - Utan..utan (Sayur..sayur) kata itu sering terucap dari bibir Mariana setiap pagi, di kala menawarkan sayur dagangannya kepada warga yang didatanginya.

Hal itu sudah menjadi kebiasaan yang dia lakukan dari tahun ke tahun, untuk tetap bertahan hidup dalam situasi terhimpit masalah ekonomi.

Di zaman sekarang, hanya ada sebagian kecil, orang yang tetap berdagang tanpa memanfaatkan teknologi seperti motor dan internet, Mariana lah salah satunya.

Mariana adalah warga Lingkungan Tondok Ampo, Kelurahan Tawalian, Kecamatan Tawalian, Kabupaten Mamasa, Sulbar.

Pagi itu saat mata hari mulai menyapa Bumi Kondosapata (sebutan Kabupaten Mamasa yang memiliki filosofi wilaya luas yang didiami masyarakat adil), wanita ini mulai melakukan aktivitas rutinnya.

Wanita diperkirakan setengah abad ini mulai melangkahkan kaki menyusuri jalan berlubang dan berbatu-batu, untuk menjajakan sayur dagangannya.

Mariana tinggal bersama keluarga di gubuknya yang tak lebih besar dari ukuran 6x5 meter, dindingnya terbuat dari papan pinus dan sebagian bambu.

Waktu menunjukkan pukul 7.30 pada Rabu (21/4/2021) pagi, Mariana dengan barang dagangannya, melintas tepat di bawah rumah jabatan Wakil Bupati Mamasa.

Nada dan ucapan tak asing terdengar, terucap dari mulut wanita ini, "Utan.. La ummalliko utan do'? (Odo' sapaan anak perempuan) (Sayur, kamu mau beli sayur nak?) tanya ibu Mariana. Iyo tanta (iya tante) sahut seorang warga bernama Ririn.

Sayur yang di taruh nya di nyiru dijunjung di atas kepala, lalu ia turunkan. 

Halaman
123
Penulis: Semuel Mesakaraeng
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved