Breaking News:

Imigrasi Polman

Tingkatkan Kepuasan Masyarakat, Kantor Imigrasi Polman Latih Pegawai Berikan Pelayanan Prima

Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Polewali Mandar, telah melakukan berbagai upaya guna meningkatkan kepuasan masyarakat

Kantor Imigrasi Polewali Mandar
Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Polewali Mandar Gelar Pelatihan Tingkatkan Pelayanan Publik yang Prima kepada Seluruh Pegawai 

TRIBUN-TIMUR.COM, POLEWALI MANDAR - Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Polewali Mandar, telah melakukan berbagai upaya guna meningkatkan kepuasan masyarakat melalui pelayanan publik yang prima.

Salah satunya seperti yang dilakukan pada hari Kamis 15 April 2021 di Aula lantai 1 kantor Imigrasi Polewali Mandar dengan memberikan pelatihan pelayanan publik kepada seluruh pegawai.

Pelatihan dengan tajuk "In House Training Pola Pikir dan Budaya Kerja Pelayanan Prima" bagi pegawai Kantor Imigrasi tersebut, bekerjasama dengan Bank Mandiri KC Polewali Mandar.

Dalam pelatihan itu, seluruh pegawai Kantor Imigrasi Polewali Mandar diingatkan kembali akan poin-poin yang penting dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

"Kunci dari meningkatkan kepuasan masyarakat adalah dengan memberikan pelayanan yang melebihi ekspektasi masyarakat," papar Muhammad Ikbal Yuda Putra, Customer Service Representative Bank Mandiri KC Polewali selaku narasumber.

Ikbal mengingatkan kepada seluruh pegawai Kantor Imigrasi Polewali Mandar bahwa untuk menciptakan pelayanan yang baik harus didasari dengan komunikasi yang baik.

Para peserta pelatihan diminta untuk membentuk komunikasi yang baik melalui pemilihan kata, tersenyum, dan menggunakan bahasa tubuh yang baik.

Tidak hanya diberikan pemahaman melalui pemaparan materi, seluruh pegawai Kantor Imigrasi Polewali Mandar juga menerima pemahaman secara praktik melalui role-play. Pegawai diminta secara bergantian untuk memerankan tugasnya dimana salah seorang pegawai lain berperan sebagai pelanggan/pemohon.

Dari role-play tersebut, dapat diidentifikasi kekurangan-kekurangan dari peserta pelatihan dalam hal pemberian layanan publik yang langsung dilakukan pembetulan oleh narasumber dan mentor dari Bank Mandiri KC Polewali Mandar.

Kepala Kantor Imigrasi Polewali Mandar Eryboro Radyan Asmono menanggapi positif kegiatan ini. Ia mengaku berharap adanya peningkatan yang signifikan dalam hal pemberian layanan publik di Kantor Imigrasi Polewali Mandar setelah pelaksanaan pelatihan ini.

"Dan satu hal yang juga saya ingatkan kepada para peserta pelatihan, bahwa pemahaman atas pemberian layanan publik yang prima harus dimiliki tidak hanya oleh petugas yang ada di bagian pelayanan atau front officer.

Para back officer pun harus memahami dan mempraktikan. Karena setiap individu pegawai merupakan representasi dari Kantor Imigrasi Polewali Mandar," terang Erybowo.

Pelatihan yang dilakukan pada sore hari itu ditutup dengan evaluasi dan juga kegiatan buka puasa bersama. (*)

Editor: Suryana Anas
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved