Breaking News:

UNM

Pendaftar UTBK SBMPTN Capai 15.886, Rektor UNM Prof Husain Syam Tekankan Tak Boleh Ada Kesalahan

Prof Husain menekankan tak ada kesalahan dalam Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

humas UNM
Universitas Negeri Makassar UNM mulai menggelar Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), Senin (12/4/2021). Rektor UNM, Prof Husain Syam (tengah) meminta tak ada kesalahan dalam UTBK UNM 

TRIBUN-TIMUR.COM- Universitas Negeri Makassar ( UNM ) mulai menggelar Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), Senin (12/4/2021).

Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM), Prof Husain Syam memastikan hari pertama proses jalannya UTBK berjalan aman dan lancar.

Hal tersebut disampaikan Prof Husain Syam dalam konferensi persnya di Menara Pinisi UNM, Jl AP Pettarani, Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (12/4/2021).

Hadir langsung pimpinan UNM dari pembantu rektor, dekan dan panitia pelaksana UTBK UNM.

Baca juga: Di Hadapan Wisudawan UNM, Menristek: Budaya Inovasi menjadi Kunci Indonesia Maju

Baca juga: Wisuda Full Luring UNM, Rektor: Ini Sebagai Penghargaan Tertinggi

Karena proses UTBK berlangsung secara langsung tempat ujian UNM, maka pihak membuat prosedur dan ketentuan dengan protokol kesehatan Covid-19 dan kebijakan dari Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) untuk mencegah penyebaran.

Prof Husain Syam mengungkapkan pihaknya telah mempersiapkan jalannya pelaksanaan UTBK sesuai dengan standar kesehatan, sehingga pemantauan ke sejumlah lokasi UTBK di UNM untuk memastikan pelaksanaan berjalan dengan baik.

“UNM adalah kampus yang siap dengan apapun itu dijadikan petunjuk, mau berbasis komputer kita siap, mau secara offline juga kita telah siap,” ujar Guru besar dibidang pertanian ini.

Selain itu, Prof Husain Syam juga menyampaikan peserta SBMPTN melalui jalur UTBK tahun ini mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya. Hal itu kata di, UNM semakin di percaya dalam mengelola pendidikan untuk generasi kedepan.

“Jadi ini merupakan suatu kebanggaan kita di UNM karena peserta UTBK tahun ini meningkat. Proses UTBK ini sebagai bagian tanggungjawab kita dan kami pastikan berjalan dengan baik, lancar dan aman,” terang mantan dekan fakultas teknik UNM ini.

Sehingga, lanjut Prof Husain, seluruh peserta UTBK yang berkompetisi tidak perlu lagi pesimis dalam mengikuti proses seleksi, karena UNM telah menyiapkan fasilitas khusus yang nyaman dan memadai.

“Untuk lokasi ujiannya itu tersebar di 13 titik pusat UTBK 712 UNM, 5 lokasi diantaranya ada di mitra kita. Ruang ujian yang kita siapkan juga ada 48. Kami telah siapkan juga 1.014 PC atau komputer,” jelasnya.

Prof Husain Syam meminta kepada jajarannya untuk tak ada kesalahan teknis selama masa UTBK SBMPTN di UNM.

"UTBK bukan persoalan baru bagi bapak-ibu pengawas, karena ini sudah menjadi rutinitas tahunan. Namun tetap harus bapak-ibu diberi sosialisasi tata laksana agar tidak terjadi kesalahan. Zero defect (non cacat)!" katanya. 

Sekadar diketahui, adapun peserta pendaftar UTBK SBMPTN UNM tahun ini sebanyak 15.886 orang yang terdiri dari 3 kelompok yakni kelompok saintek 5.768 peserta, kelompok soshum 7.585, dan kelompok campuran 2.533 orang.(*)

Baca juga: Sarlin, Kepala SMA/MA Pesantren IMMIM Putra Makassar Berhasil Jadi Kandidat Doktor di PPs UNM

Baca juga: Wamenkumham Bawakan Kuliah Umum di UNM, Jelaskan Mahasiswa Tentang RUU KUHP

Editor: Muh Hasim Arfah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved