Breaking News:

Kesehatan

6 Gejala Kanker Serviks, Salah Satunya Nyeri Saat Berhubungan Intim

Kanker serviks terjadi karena adanya pertumbuhan sel yang tidak normal. Setiap orang mengalami gejala kanker serviks yang berbeda-beda.

via Kompas.com
Ilustrasi kanker serviks (champja) 

TRIBUNTIMUR.COM - Kanker serviks terjadi karena adanya pertumbuhan sel yang tidak normal. Setiap orang mengalami gejala kanker serviks yang berbeda-beda.

Jadi, Anda perlu memerhatikan tanda yang Anda alami supaya bisa mendapat perawatan yang sesuai.

Sebelum mengetahui apa saja gejala yang bisa Anda rasakan, Anda perlu mengetahui faktor-faktor apa saja yang meningkatkan risiko kanker serviks.

Mengutip dari Cancer Research UK (cancerresearchuk.org), usia tertentu berpengaruh pada potensi kanker serviks.

Umumnya, kanker serviks diderita oleh wanita muda yang berusia kurang dari 45 tahun. Kebiasaan merokok dan infeksi virus tertentu, seperti HIV, juga bisa memperparah kondisi Anda. Selain memerhatikan faktor risiko, beberapa gejala ini perlu Anda perhatikan.

1. Pendarahan

Darah biasa dikeluarkan wanita saat menstruasi. Namun, kondisi itu bisa jadi gejala kanker serviks jika terjadi meski Anda sedang tidak menstruasi atau terjadi setelah Anda memasuki masa menopause.

Selain itu, pendarahan karena kanker serviks juga bisa terjadi setelah Anda melakukan hubungan seksual.

Meski demikian, sebaiknya jangan melakukan diagnosa pribadi. Anda perlu memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui apakah pendarah memang karena kanker serviks atau karena faktor lain.

2. Muncul Rasa Sakit

Halaman
123
Editor: Muh. Irham
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved