Breaking News:

Setahun Corona di Sulselbar

Sisa 5 Pasien Positif Covid-19, Bone Masuk Zona Kuning Penyebaran Covid-19

Sebanyak 1.225 orang sembuh, 37 orang meninggal dunia serta 5 orang masih menjalani isolasi dan perawatan.

TRIBUN-TIMUR.COM/KASWADI ANWAR
Jubir Penanganan Covid-19 Bone, Yusuf 

TRIBUNBONE.COM, TANETE RIATTANG - Sudah setahun pandemi Covid-19 terjadi di Sulawesi Selatan (Sulsel), termasuk di Kabupaten Bone.

Hingga sekarang, tercatat kasus Covid-19 di Bone telah mencapai 1.267 orang. 

Sebanyak 1.225 orang sembuh, 37 orang meninggal dunia serta 5 orang masih menjalani isolasi dan perawatan.

"Kasus aktif terkonfirmasi positif Covid-19 sisa 5 orang," kata Jubir Penanganan Covid-19 Bone, Yusuf saat ditemui Jumat (26/3/2021).

Dari data Pemprov Sulsel per 21 Maret, Bone masuk kategori zona kuning atau risiko rendah penyebaran Covid-19. Meski begitu, pelacakan kontak tetap ketat.

Yusuf mengaku dalam penanganan Covid-19 di Bone menekankan pada 3 M, memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

Ini kemudian dikembangkan menjadi PSBB dan terakhir PPKM yang diberlakukan. Pemberlakuan PPKM diharapkan desa/kelurahan sampai tingkat RT bisa mengendalikan Covid-19 di wilayahnya masing-masing.

Kata dia, di awal Covid-19, pihaknya memberlakukan sistem penjagaan di perbatasan Kabupaten Bone. Bagi yang ingin masuk dan keluar harus diperiksa dan didata.

Sekarang arahnya kepada kesadaran daerah yang dituju. Jadi lurah/kepala desa hingga tingkat RT serta masyarakat melaporkan jika ada pendatang dari luar baik dari Makassar maupun dari zona merah Covid-19.

"Kita bertugas mengidentifikasi orang yang keluar masuk ke daerah kita. Ada terkonfirmasi, kita yang bertanggungjawab supaya penyebarannya tidak meluas," ujarnya.

"Sekarang masyarakat kita diminta menjalankan Prokes, di sisi lain biarlah beraktivitas, tapi harus sadar  sesuai lokusnya. Itu strategi yang dilakukan," tambahnya.

 
Di era kehidupan baru ini, menurut Yusuf kesadaran perilaku yang  diubah. Harus sesuai Prokes sampai pandemi Covid--19 sampai dinyatakan berakhir.

 
Sekretaris Dinas Kesehatan Bone ini mengutarakan, 
kondisi Covid-19 Bone mulai melandai. Ini terbukti dari jumlah yang diperiksa, hanya sedikit yang terkonfirmasi positif Covid-19.

"Dulu kita memeriksa 18 orang, dari  jumlah tersebut 9 hingga 10 terkonfirmasi positif. Kemarin ada 18 orang diperiksa, yang positif hanya dua saja," sebutnya.

Penulis: Kaswadi Anwar
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved