Breaking News:

Suket Covid Palsu

Sikapi Dugaan Pemalsuan Suket Covid di Soppeng, Dewas RSUD Latemmamala Kirim 'Surat Sakti' ke Bupati

Dewan Pengawas (Dewas) langsung menyikapi dugaan penerbitan surat keterangan (suket) Covid-19 palsu, yang dilakukan Direktur RSUD Latemmamala

Nur Fajriani/Tribun
Konsultan Politik Nurmal Idrus datang ke Kantor Tribun Timur, Jl Cendrawasih no 430, Kota Makassar, Kamis (14/2/2019). 

TRIBUNSOPPENG.COM, WATANSOPPENG - Dewan Pengawas (Dewas) langsung menyikapi dugaan penerbitan surat keterangan (suket) Covid-19 palsu, yang dilakukan Direktur RSUD Latemmamala Watansoppeng.

Ketua Dewas RSUD Latemamala, Nurmal Idrus mengaku telah membahas hal itu di jajaran dewan pengawas.

"Dewas menjalankan fungsinya sebagai pengawas rumah sakit ini dengan merespon dengan cepat video dan isu itu. Kami telah melakukan klarifikasi internal," kata Nurmal Idrus, sebagaimana keterangan tertulisnya, Sabtu (20/3/2021).

Hasil klarifikasi itulah, sehingga Nurmal Idrus mengklaim telah menerbitkan dua rekomendasi ke Bupati Soppeng maupun ke Komite Medik.

"Rekomendasi kami bersifat tertutup kepada atasan langsung. Posisi Dewas terbatas hanya disitu sebagai perwakilan kepala daerah di rumah sakit. Biarkan kepala daerah yang memutuskan dan menyampaikannya nanti begitupula dengan Komite Medik," katanya.

Menurutnya, rekomendasi itu sifatnya tertutup dan bukan konsumsi publik. Selain itu, dirinya enggan berkomentar lebih banyak terkait tindakan dr Nirwana itu.

"Jika ada unsur pidananya maka itu bukan wilayah Dewas. Wilayah kami di etika dan tindakan administratifnya, persoalan pidana di tangan APH," katanya.

Sebelumnya, dr Nirwana telah mengakui memang ada surat keterangan Covid-19 palsu, dengan alasan tertentu.

"Pada prinsipnya saya sudah sampaikan hal ini kepada pimpinan dan juga saya sampaikan juga ke gugus tugas dan mereka mengerti untuk dipergunakan seperti apa," katanya.

Penulis: Hardiansyah Abdi Gunawan
Editor: Sudirman
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved