Breaking News:

Tribun Polman

Polres Polman Segera Terapkan Tilang Elektronik, Berikut Sasaran Pelanggaran Bakal Diberikan Sanksi

Polres Polewali Mandar (Polman), Sulawesi Barat (Sulbar), akan segera menerapkan tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE)

Penulis: Nurhadi | Editor: Sudirman
Ist
Kapolda Sulbar Irjen Pol Eko Budi Sampurno saat berkunjung ke Polres Polman melihat persiapan infrastruktur penerapan tilang elektronik 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAMUJU - Polres Polewali Mandar (Polman), Sulawesi Barat (Sulbar), akan segera menerapkan tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) bagi pengendara.

Polres Polman, akan menjadi polres pertama di wilayah Sulawesi Barat menerapkan sistem tilang elektronik.

Kapolda Sulbar, Irjen Pol Eko Budi Sampurno mengatakan, pemberlakukan tilan elektronik akan dirilis pada pertengahan bulan April 2021.

"Sebanyak 20 kamera CCTV dan 1 speedcam telah disiapkan untuk beroperasi disejumlah titik tertentu," kata Eko Budi kepada wartawan, Rabu (17/3/2021).

Kamera CCTV akan dipasang ditempat yang berpotensi terjadi pelanggaran lalin atau kecelakaan akibat kendaraan bermotor.

Ia menambahkan, melalui ETLE diharapkan masyarakat lebih patuh pada aturan lalu lintas sehingga mengurangi kecelakaan kendaraan bermotor.

"Serta, meningkatkan kinerja kepolisian dan mendukung program 100 hari kerja Kapolri baru,"ujarnya.

Pemberlakuan ETLE ini bertujuan untuk mengurangi resiko anggota Polri bersentuhan dengan masyarakat dan menyadarkan masyarakat untuk patuh berlalu lintas. 

“Satu pelanggaran yang tekait pemakaian helm, tidak pakai safety belt (sabuk pengaman), pakai handphone dan melawan arus itu akan ditindak,”ucapnya.

Selain itu, pengendara yang menerobos lampu merah, ugal-ugalan dan melebihi batas kecepatan maksimal yakni 80 km per jam juga akan ditindak.

"Saat ETLE sudah diterapkan, maka surat tilang beserta bukti pelanggaran akan dikirim ke alamat rumah pelanggar lalu lintas," ujarnya.

Untuk mengurusnya, pengawasan ini dilakukan selama 24 jam dan menggunakan teknologi yang cukup canggih.

sehingga masyarakat yang melanggar dapat terlihat jelas dari monitor.(tribun-timur.com).

Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved