Breaking News:

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Kabel Serabut dan Inti Tunggal

Dalam mengkategorikan kabel, baik itu kabel Category 5e (CAT5e) atau Category 6 (Cat6), setidaknya kita kenal bahwa ada dua jenis kabel

dok Global Elektrindo
Ilutrasi 

TRIBUN-TIMUR.COM - Memasang sebuah instalasi, baik itu perangkat elektronik, jaringan hingga pusat data, kita harus memiliki berbagai pertimbangan.

Mulai dari bahan, jenis perangkat, hingga jenis kabel yang digunakan tentunya.

Dalam mengkategorikan kabel, baik itu kabel Category 5e (CAT5e) atau Category 6 (Cat6), setidaknya kita kenal bahwa ada dua jenis kabel berdasarkan penggunaannya.

Jika kita ingin menggunakan kabel untuk menghantarkan listrik tentunya menggunakan kabel tembaga yang memang khusus untuk kabel listrik.

Sedangkan untuk pengiriman data bisa menggunakan kabel serabut optic. Namun yang perlu anda ketahui bahwa kabel tembaga ini terbagi lagi menjadi dua jenis yaitu kabel serabut dan kabel inti tunggal.

Tentunya kita dituntut untuk menggunakan perangkat kabel sesuai spesifikasinya. Ada berbagai pertimbangan khusus yang harus kita ketahui jika kita memilih salah satunya, seperti lingkungan, penerapan kabel dan harga.

Berikut penjelasan lengkap mengenai definisi kabel serabut dan kabel inti tunggal:

Kabel serabut

Kabel serabut sesuai dengan namanya, merupakan jenis kabel dimana kabel terdiri dari beberapa kabel kecil yang disatukan. Alih-alih satu kawat tembaga tunggal seperti kawat padat, seutas kabel memiliki beberapa untai tembaga yang membentuk satu kawat.

Struktur ini dapat membuat kabel ethernet lebih fleksibel saat pemasangan. Jadi lebih banyak digunakan di area yang membutuhkan fleksibilitas di area sempit seperti workstation, NIC, antar outlet, panel patch, hub, dan di rack mount atau attachment box jaringan.

Halaman
1234
Editor: Sakinah Sudin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved