Breaking News:

Tribun Pinrang

Tingkatkan Peran Siskamling, Sat Binmas Polres Pinrang Adakan Penyuluhan Kamtibmas

Satuan Binmas melaksanakan giat pembinaan dan penyuluhan Siskamling di Lingkungan Palia, Kelurahan Macinnae, Kecamatan Paleteang, Kabupaten Pinrang

ist
Satuan Binmas melaksanakan giat Pembinaan dan Penyuluhan Siskamling di Lingkungan Palia, Kelurahan Macinnae, Kecamatan Paleteang, Kabupaten Pinrang, Senin, (22/02/2020) 

TRIBUNPINRANG.COM, PALETEANG -  Satuan Binmas melaksanakan giat pembinaan dan penyuluhan Siskamling di Lingkungan Palia, Kelurahan Macinnae, Kecamatan Paleteang, Kabupaten Pinrang, Senin, (22/02/2020). 

Hal ini dilakukan guna meningkatkan peran serta masyarakat dalam menjaga Keamanan dan ketertiban di lingkungan masing-masing. 

Kasat Binmas Polres Pinrang, AKP Adinal Alam mengatakan, pos kamling merupakan sistem keamanan lingkungan yang efisien hingga saat ini. 

“Pos Kamling dapat menekan dan mengatasi kriminalitas di sebuah lingkungan dikarenakan masyarakat terlibat langsung. Keamanan dan ketertiban lingkungan dapat terorganisir apabila menjalankan sistem piket jaga atau ronda yang dirotasi setiap minggunya,” tuturnya. 

Ia menambahkan ketertiban dan keamanan lingkungan merupakan tanggung jawab bersama sebagai Warga Negara Indonesia. 

"Kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap keamanan dan ketertiban lingkungan harus ditingkatkan. Kita harus peka terhadap lingkungan sekitar," lanjutnya. 

AKP Adinal berharap kegiatan seperti ini dapat ditingkatkan sehingga terjadi koordinasi yang baik antara Lurah, Kades, Bhabinkamtibmas dan Masyarakat dalam bidang Kamtibmas. 

“Polri tidak akan dapat menciptakan situasi yang tertib dan aman dalam suatu lingkungan masyarakat tanpa adanya kemauan dan kesadaran dari masyarakat itu sendiri,” imbuhnya. 

Selain itu, ia juga menuturkan keterlibatan masyarakat dalam menjaga dan memelihara Kamtibmas sejatinya tidak sekadar membantu aparat Polri dalam melaksanakan tugas-tugasnya.

Namun, yang lebih penting adalah memberikan ruang bagi pemberdayaan masyarakat. 

“Masyarakat diberdayakan sehingga tidak semata-mata sebagai obyek dalam penyelengaraan fungsi kepolisian, melainkan sebagai subyek yang menentukan dalam mengelola sendiri upaya penciptaan lingkungan yang aman dan tertib.” tutupnya. 

Kegiatan tersebut  dihadiri oleh Kepala Lingkungan Palia serta Karang Taruna, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama Kelurahan Macinnae. 

Laporan wartawan Tribunpinrang.com, Nining Angreani. 

Penulis: Nining Angraeni
Editor: Sudirman
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved