Breaking News:

Tribun Mamuju

902 Nakes di Kabupaten Mamuju Selesai Vaksin Corona

Pelayanan vaksinasi tahap pertama dengan sasaran tenaga kesehatan (Nakes)di sudah berjalan di 13 puskesmas dan rumah sakit di Kabupaten Mamuju

ist
Kepala Bidang Pengendalian Penyakit (P2) Dinas Kesehatan Kabupaten Mamuju, Alamsyah Thamrin 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAMUJU -- Pelayanan vaksinasi tahap pertama dengan sasaran tenaga kesehatan (Nakes)di sudah berjalan di 13 puskesmas dan rumah sakit di Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar).

Kepala Bidang Pengendalian Penyakit (P2) Dinas Kesehatan Kabupaten Mamuju, Alamsyah Thamrin mengatakan, hingga saat ini nakes yang sudah menerima vaksin mencapai 34 persen dari 2.645 nakes di Mamuju.

Sampai saat ini, nakes yang datang di fasyankes atau mendaftar untuk menerima suntikan vaksin sebanyak 1449 namun yang divaksi baru 902 orang.

"Masih banyak yang belum, yang bikin rendah capaian kita di Kabupaten Mamuju lambat karena terdampak gempa. Termasuk RS Regional dari 500 lebih nakes yang menjadi sasaran vakasinasi, baru sekitar 100 orang yang telah divaksin,"kata Alamsyah ditemui di ruangan kerjanya, Selasa (16/2/2021).

Dia mengungkapkan, banyaknya nakes yang belum divaksin dikarenaka ada yang baru saja selesai terapar Covid-19.

Sementara aturannya 3 setelah terpapar baru memenuhi syarat untuk divaksin.

"Kalau puskesmas luar kota rata-rata capaiannya sudah 50 persen ke atas, yang terkendala itu dalam kota akibat gempa,"ucapnya.

Dikatakan, dua puskesmas dalam kota yang capaiannya masih rendah yakni, Rangas dan Binanga dikarena nakesnya banyak yang berpencar dalam kota melakukan pelayanan kesehatan di tenda pengungsian.

"Target paling tinggi memang RS Regional dari 500 lebih nakes baru sekitar 100 yang divaksin, kendalanya banyak yang terpapar sehingga otomatis tidak dapat divakasi,"katanya.

Sebenarnya, kata dia, kementerian memberikan target vaksinasi tahap kedua tuntas pada 24 Agustus.

Namun dia menyampaikan ke kementerian bahwa Mamuju tidak dapat disamakan daerah lain karena baru selesai terdampak gempa.

"Saya sampaikan ke kementerian, minta tolong untuk Mamuju diberikan perpanjangan waktu,"ucapnya

Diketahui, kabupaten Mamuju telah menerima 5.080 dosis vaksin untuk tahap pertama untuk dua kali penyuntikan dengan sasaran nakes.(tribun-timur.com).

Penulis: Nurhadi
Editor: Sudirman
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved