Breaking News:

Tribun Bone

Pemprov Sulsel Bakal Bangun Akses Jalan Bandara Arung Palakka Bone

Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Pemprov Sulsel) akan menuntaskan pengaspalan akses jalan menuju Bandara Arung Palakka Bone.

TRIBUN-TIMUR.COM/FADLI
Pengembangan Bandara Arung Palakka di Desa Mappalo Ulaweng, Kecamatan Awangpone, Kabupaten Bone menjadi perhatian Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Pemprov Sulsel). 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Pemprov Sulsel) akan menuntaskan pengaspalan akses jalan menuju Bandara Arung Palakka Bone. Anggarannya dari APBD Sulsel 2021 ini. 

"Saya kira yang penting akses jalan masuk dan perpanjangan runway. Tahun ini kita selesaikan jalan masuk menuju Bandara Arung Palakka, dan kita bikin dua jalur," kata Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah di Terminal Bandara Arung Palakka, Minggu (14/2/2021) via rilis Pemprov. 

Pembangunan jalan baru tersebut, lanjut NA, merupakan kolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone.

Pemkab Bone menyelesaikan pembebasan lahan dan Pemprov menanggung anggaran pengaspalan.

Jalan ini berdasarkan DED dari Dinas PUTR Sulsel disediakan sebesar Rp 24 miliar, lebar 7 meter dengan panjang 2 kilometer. 

"Ini sebenarnya tinggal dipoles sedikit, yang pertama adalah akses jalan masuk. Akses jalan masuk, sudah di ambil alih pemerintah provinsi. Provinsi akan anggarkan, terus yang kedua nanti saya akan bicarakan sama Menhub supaya perpanjangan runway," jelasnya. 

NA menilai untuk perpanjangan runway-nya akan dikomunikasikan dengan Kementerian Perhubungan bersama Kepala Otoritas Bandara Wilayah V Makassar, Baitul Ihwan. 

"Saya kira ini sangat penting, paling penting lagi Bone ini adalah daerah yang sangat potensial. Ini salah satu penyangga untuk Sulawesi Tenggara, sehingga kita butuh akses yang lebih cepat," katanya. 

Menurut Nurdin, saat ini terminal dan fasilitas lain sudah cukup. Tapi memang yang harus diutamakan adalah akses jalan dan runway-nya yang harus diprioritaskan. 

Dikarenakan banyak masyarakat Bone di luar kabupaten membutuhkan akses cepat seperti pesawat.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Fadhly Ali
Editor: Sudirman
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved