Breaking News:

Tribun Jeneponto

Kabag Protpim Jeneponto: Pers Itu Sebagai Kontrol

Kepala bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Kabag Protpim) Jeneponto, Mustaufiq menyebut pers sebagai kontrol.

TRIBUN-TIMUR.COM/MUH RAKIB
Kabag Protpim Kabupaten Jeneponto, Mustaufiq, Rabu (1022021) 

TRIBUN-TIMUR.COM, JENEPONTO - Pers di mata Kepala bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Kabag Protpim) Kabupaten Jeneponto, Mustaufiq itu sebagai kontrol.

Di Hari Pers Nasional (HPN), 9 Februari 2021 kemarin, Mustaufiq menyampaikan bahwa perkembangan dunia saat ini melalui teknologi terkini bukan lagi hal yang luar biasa bagi masyarakat.

Pers merupakan informasi temuan dan innovasi mudah untuk masyarakat mengetahui apa yang terjadi.

Meski cukup dalam bilik kamar walaupun sekejap info aktual di seantero jagad dapat tertransformasi dan terinformasi kebilik terkecil dalam ruangan sempit di pelosok desa sekalipun. 

"Siapa yang menyampaikan dan mengabarkan hal tersebut ?, jawabannya ialah pers," ujar Mustaufiq, Rabu (10/2/2021).

Lanjutnya, Tidak hanya itu, menurut Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 40 Tahun 1999 tentang pokok Pers, pers adalah lembaga sosial dan wahana komunikasi massa yang melaksanakan kegiatan jurnalistik.

Dan itu berarti bahwa eksistensi pers di tengah masyarakat itu di akui oleh negara.

"Aktifitas pers yang disebut  jurnalistik sendiri merupakan kegiatan mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah, dan menyampaikan informasi, baik dalam bentuk tulisan, suara, gambar, suara dan gambar, serta data dan grafik dengan menggunakan berbagai jenis saluran media yang tersedia," tambahnya.

Jika jurnalis mampu mengkolaborasi segala potensi yang dimiliki untuk menjadi sebuah konten berita yang faktual berbasis data dan fakta maka disitulah fungsi edukasi pers dalam mencerdaskan anak bangsa sebagaimana yang di amanatkan dalam batang tubuh UUD 1945. 

Olehnya, tidak ada alasan bagi kita, untuk melihat sebelah mata peran pers dalam pembangunan bangsa ini.

Persoalan adanya oknum yang mengatasnamakan pers untuk kepentingan pribadi dan kelompok tertentu jangan menjeneralisir semuanya, karena insan pers sejati sesungguhnya memegang teguh aturan dan marwah dari Undang Undang Pers Nomor 40 tahun 1999. 

Selamat HPN yang ke 71 tahun 2021, teruslah mencerahkan dan mendidik anak bangsa melalui pemberitaan yang edukatif dan berimbang.

Laporan Wartawan Tribun Jeneponto, Rakib

Penulis: Muh Rakib
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved