Breaking News:

Tribun Enrekang

Siapkan Anggaran Rp 192,5 Juta, Dinas Perkimtan Enrekang Bakal Perbaiki 11 Unit RTLH Tahun Ini

Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Dinas Perkimtan) Enrekang, bakal melakukan perbaikan pada sejumlah rumah tidak layak huni (RTLH)

ist
Kepala Dinas Perkimtan Enrekang, Sulviah Dahaling 

TRIBUNENREKANG.COM, ENREKANG- Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Dinas Perkimtan) Enrekang, bakal melakukan perbaikan pada sejumlah rumah tidak layak huni (RTLH) yang ada di Kabupaten Enrekang tahun 2021 ini. 

Kepala Dinas Perkimtan Enrekang, Sulviah Dahaling mengatakan, pihaknya telah menyiapkan anggaran senilai total Rp 192,5 juta dalam APBD 2021 untuk program tersebut.

Menurutnya, anggaran sebesar itu akan digunakan untuk melakukan perbaikan RTLH pada 11 titik/rumah yang ada di Kabupaten Enrekang.

Program perbaikan RTLH sendiri juga telah berjalan tahun 2020 lalu, dimana total ada 11 titik RTLH yang diperbaiki di Kecamatan Alla' dan juga menelan anggaran Rp 192,5 juta.

"Tahun 2021 ini kita juga siapkan anggaran sama tahun lalu senilai Rp 192,5 juta di 11 titik RTLH, jadi masing-masing RTLH itu nantinya akan dapat Rp 17,5 juta per titik," kata Sulviah, Selasa (9/2/2021).

Ia menjelaskan, program perbaikan RTLH sendiri diperuntukkan bagi masyarakat berpenghasilan rendah dan rumahnya memang tidak layak huni.

Saat ini, tim Dinas Perkimtan masih melakukan survey terhadap titik-titik yang mana paling mendesak dan paling layak untuk dapatkan program itu.

"Ini usulan dari desa tapi harus disurvey karena jangan sampai ada yang sudah meninggal dan rumahnya sudah baik, atau sudah dapat bantuan dari pihak lain, makanya kita survey untuk pastikan," ujarnya.

Sulviah berharap dari program itu dapat menekan jumah RTLH di Kabupaten Enrekang.

Sehingga semua rumah di Kabupaten Enrekang beberapa tahun mendatang sudah tidak ada lagi yang tak layak huni.

Selain mengalokasikan lewat APBD, pihaknya juga telah mengusulkan perbaikan 3.000 RTLH ke Kementrian PUPR untuk tahun ini.

Sementara jumlah RTLH di Kabupaten Enrekang sendiri mencapai sekitar 5.000 unit.

"Kita sudah usulkan ke Kementrian PUPR perbaikan 3.000 RTLH tahun ini, semoga saja terealisasi," tuturnya.

Untuk tahun 2019 sendiri telah terealisasi perbaikan 600 RTLH bantuan dari Kementrian PUPR, sementara tahun 2020 lalu tidak ada bantuan RTLH karena Covid-19.
(tribunenrekang.com)

Laporan Wartawan TribunEnrekang.com, @whaiez

Penulis: Muh. Asiz Albar
Editor: Sudirman
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved