Breaking News:

Tribun Bone

BPOM Keluarkan Izin Vaksin Covid-19 untuk Lansia, Ini Kata Jubir PPC-19 Bone

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), telah mengeluarkan izin penggunaan vaksin Covid-19 kepada usia 60 tahun ke atas atau lansia.

TRIBUN-TIMUR.COM/KASWADI ANWAR
Juru Bicara Tim Percepatan dan Pencegahan Covid-19 Kabupaten Bone, Yusuf 

TRIBUNBONE.COM, TANETE RIATTANG - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), telah mengeluarkan izin penggunaan vaksin Covid-19 kepada usia 60 tahun ke atas atau lansia.

Hal tersebut tertera dalam surat BPOM Nomor: TRG.01.03.32.322.02.21.00605/NE tentang Perubahan Menegnai Vaksin Produksi Sinovac yang diteken Kepala BPOM Penny K Lukito pada 5 Februari lalu.

Dalam surat tersebut, BPOM memberikan persetujuan penambahan indikasi posologi vaksin Covid-19 untuk penggunaan darurat (Emergency Use Authorization) dengan sejumlah ketentuan.

Juru Bicara Tim Percepatan dan Pencegahan Covid-19 Kabupaten Bone, Yusuf menyatakan bahwa hal tersebut merupakan kabar gembira.

Sebab, kelompok lansia beresiko kena penyakit Covid-19 lebih kritis dibandingkan usia muda.

"Untuk pencegahan kita sangat bergembira karena mereka (red, usia 60 tahun ke atas) ini beresiko dari usia muda," katanya Selasa (9/2/2021).

Sebagai gambaran kasus di Indonesia, kata dia, kebanyakan dirawat di rumah sakit dalam kondisi kritis adalah usia lansia. Sementara usia muda, biasa tak memiliki gejala, gejala ringan dan sedang.

Dia menuturkan, pemberian vaksin kepada usia lansia sama dengan usia 18 hingga 59 tahun. Perbedaanya, hanya pada screening yang ketat.

"Dituntut kejujuran dan keterbukaan penerima vaksin untuk memberikan keterangan secara terbuka saat diperiksa oleh petugas. Apa penyakit penyerta yang diderita, sehingga benar-benar memenuhi syarat aman diberikan vaksin," tuturnya.

Yusuf menjelaskan, beberapa negara justru memprioritaskan usia lansia divaksin berbarengan dengan tenaga kesehatan.

Perkembangan negara lain, turut membuat para ahli melakukan penelitian dan pengamatan vaksin.

"Uji klinis di negara kita masih usia 18 hingga 59 tahun. Kini kita telah lakukan penelitian vaksinasi sehingga mengeluarkan juga kesimpulan bahwa vaksin aman bagi usia di atas 60 tahun," jelasnya.

Laporan Wartawan TribunBone.com, Kaswadi Anwar

Penulis: Kaswadi Anwar
Editor: Sudirman
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved