Breaking News:

DPRD Luwu Utara Usulkan Pemberhentian Indah Putri Indriani-Thahar Rum

ia menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada pimpinan dan para anggota dewan atas kerjasama

TRIBUN TIMUR/CHALIK
Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani (keempat kiri) dan unsur Forkopimda foto bersama usai rapat paripurna, Senin (1/2/2021) 

TRIBUNLUTRA.COM, MASAMBA - DPRD Kabupaten Luwu Utara rapat paripurna pengumuman pengesahan usulan pemberhentian Bupati dan Wakil Bupati Luwu Utara akhir masa jabatan 2016-2021, Senin (1/2/2021).

Paripurna digelar jelang berakhirnya masa jabatan Indah Putri Indriani-Muhammad Thahar Rum sebagai Bupati dan Wakil Bupati Luwu Utara periode 2016-2021 pada 17 Februari 2021 mendatang.

Paripurna dipimpin Ketua DPRD Basir dan dihadiri Indah Putri Indriani.

Basir menuturkan, berdasarkan Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah pasal 79 ayat (1) bahwa pemberhentian Kepala Daerah/Wakil Kepala Daerah sebagaimana dimaksud pada pasal 78 ayat (1) huruf a diumumkan oleh pimpinan DPRD dalam rapat paripurna.

Dan diusulkan oleh pimpinan DPRD kepada Menteri melalui Gubernur sebagai wakil pemerintah pusat di daerah untuk mendapatkan pemberhentian.

"Berdasarkan berita acara pengambilan sumpah jabatan Bupati Indah Putri Indriani dan Wakil Bupati Muhammad Thahar Rum pada 17 Februari 2016, maka diumumkan masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati Luwu Utara periode 2016-2021 akan berakhir pada 17 Februari 2021," jelas Basir.

Sementara itu, Indah dalam sambutannya mengatakan, berdasarkan ketentuan pasal 78 UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, antara lain menegaskan pemberhentian kepala daerah atau wakil kepala daerah diberhentikan karena berakhir masa jabatannya.

Indah menambahkan, hal ini juga berdasarkan Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 120/546/OTDA tentang usulan pengesahan pengangkatan dan usulan pengesahan pemberhentian kepala daerah dan wakil kepala daerah.

"Luwu Utara telah melaksanakan Pilkada Serentak pada 9 Desember 2020 melalui proses Pilkada, mulai tahapan awal sampai kepada hari pencoblosan dan penghitungan suara yang berjalan aman dan lancar," kata Indah.  

Sebagai bupati, ia menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada pimpinan dan para anggota dewan atas kerjasama dan dukungannya kepada pemerintah

Dalam melaksanakan pembangunan selama lima tahun terakhir, sehingga Luwu Utara dapat dibangun meskipun dalam keterbatasan. 

"Selaku bupati dan mewakili wakil bupati serta seluruh jajaran pemerintah daerah mengucapkan terima kasih kepada DPRD atas dukungannya selama ini. Kita terus berikhtiar memberi pelayanan terbaik kepada masyarakat, mencari solusi terbaik dan selalu berpihak kepada kepentingan rakyat dengan prinsip. Kita fokus pada solusi bukan pada masalah," tandasnya.

Penulis: Chalik Mawardi
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved